%T Implementasi Kompetensi Paedogagi dan Profesional Guru dalam Pembelajaran PJOK di SMP Negeri Se Kecamatan Depok %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %D 2024 %L UNY83248 %O Dosen Pembimbing: Dr. Tri Ani Hastuti, M.Pd. %K implementasi, kompetensi pedagogik, pembelajaran PJOK, profesional %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik implementasi kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman. Kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam pembelajaran PJOK sebagai salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang bermutu dan berkualitas. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah guru PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman berjumlah 60 guru PJOK dan digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen data pada penelitian ini menggunakan skala kompetensi pedagogik dan profesional yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang dikembangkan oleh Pujiati (2017). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat implementasi kompetensi pedagogik dan profesisonal guru dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman berada pada kategori “tidak baik” sebesar 6,67% (4 guru), “kurang baik” sebesar 26,66% (16 guru), kategori “cukup baik” sebesar 35% (21 guru), kategori “baik” sebesar 25% (15 guru) dan ‘sangat baik” sebesar 6,67% (4 guru). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa masih diperlukan peningkatan kompetensi guru PJOK agar lebih baik dalam konteks proses dan hasil pembelajaran. %A Dewi Alfiyah