%0 Thesis %9 S2 %A Rosmalina, Amilia Dewi %A Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:83229 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K ekstrakurikuler olahraga, keterlibatan orangtua, literasi fisik, motivasi berolahraga %T Studi Korelasi Motivasi Berolahraga, Keterlibatan Orangtua dan Pemahaman Literasi Fisik Dengan Partisipasi Ekstrakurikuler Olahraga Peserta Didik SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/83229/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi variabel bebas motivasi berolahraga, keterlibatan orangtua dan literasi fisik terhadap variabel terikat keikutsertaan ekstrakurikuler olahraga peserta didik di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Populasi penelitian terdiri dari 596 peserta didik kelas III, IV, dan V di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakata dengan sampel 67 siswa yang dipilih menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Motivasi berolahraga didefinisikan sebagai dorongan internal dan eksternal yang mendorong individu untuk berpartisipasi dalam kegiatan fisik. Keterlibatan orangtua meliputi peran aktif orangtua di rumah dan sekolah, yang dapat mempengaruhi prestasi akademik dan partisipasi anak dalam kegiatan ekstrakurikuler. Literasi fisik mencakup pemahaman dan apresiasi terhadap aktivitas fisik seumur hidup. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi signifikan antara motivasi berolahraga dan keterlibatan orangtua dengan keikutsertaan ekstrakurikuler olahraga. Namun, tidak ditemukan korelasi signifikan antara literasi fisik dengan partisipasi dalam ekstrakurikuler olahraga. Secara bersama-sama, ketiga variabel tersebut mempengaruhi partisipasi dalam ekstrakurikuler olahraga sebesar 79,6%. Penelitian ini menegaskan pentingnya motivasi berolahraga dan keterlibatan orangtua dalam meningkatkan partisipasi anak dalam kegiatan olahraga, sementara literasi fisik perlu dikaji lebih lanjut untuk memahami pengaruhnya yang tidak signifikan dalam konteks ini. Temuan ini dapat digunakan untuk merancang program-program yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan anak dalam aktivitas fisik melalui dukungan orangtua dan peningkatan motivasi berolahraga. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.