eprintid: 83162 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/31/62 datestamp: 2024-09-05 03:34:13 lastmod: 2024-09-05 03:34:13 status_changed: 2024-09-05 03:34:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadhilla, Nuansa Trimaya creators_name: Suyanto, Slamet title: Evaluasi Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Penguatan Minat Membaca Jenjang SD di Kabupaten Purworejo. ispublished: pub subjects: D1 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: evaluasi, Gerakan Literasi Sekolah, model CIPP abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi aspek context, 2 input 3) process, dan 4) product implementasi program GLS dalam penguatan minat membaca terhadap prestasi peserta didik jenjang SD di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian yang digunakan terdiri dari 180 peserta didik, 41 guru dan 6 perwakilan tim literasi sekolah dari 3 SD Negeri dan 3 SD Swasta di Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, wawancara dan teknik dokumentasi dengan skala likert, pedoman wawancara dan lembar dokumentasi Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi menggunakan formula Aiken’s V dan validitas konstruk menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Reliabilitas diestimasi dengan uji Cronbach Alpha dan Intraclass Correlation Coefficient (ICC). Teknik analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengukur capaian keberhasilan program CIPP implementasi GLS di SD Negeri dan SD Swasta. Hasil penelitian menunjukkan: 1) implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) jenjang sekolah dasar di kabupaten purworejo pada aspek context memiliki tingkat keberhasilan sebesar 85,07% dan 81,25% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru, dan dalam penguatan minat membaca memiliki ketercapaian dengan presentase 74,25 dari peserta didik dalam kategori baik ; 2) aspek input memiliki tingkat keberhasilan sebesar 80,58% dan 80,05% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru dan dalam penguatan minat membaca memiliki ketercapaian dengan presentase 77,58% dari peserta didik dalam kategori baik; 3) aspek process memiliki tingkat keberhasilan sebesar 78,65% dan 79,05% termasuk dalam kategori baik pada peserta didik maupun guru, dan dalam penguatan minat membaca memiliki ketercapaian dengan presentase 74,37% dari peserta didik dalam kategori baik; 4) aspek product memiliki tingkat keberhasilan sebesar 82,22% dan 83,38% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru, dan dalam penguatan minat membaca memiliki ketercapaian dengan presentase 77,25 dalam kategori baik. date: 2024-01-16 date_type: published institution: Sekolah Program Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Abbad, A. I. 2017. Ketercapaian Indikator GLS (Gerakan Literasi Sekolah) Pada Tahap Pembiasaan, Pengembangan dan Pembelajaran Materi Sains (Ipa) Di Smpn 01 Batu. Doctoral dissertation. University of Muhammadiyah Malang Abidin, Y. (2018). Pembelajaran multiliterasi: sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks keindonesiaan (D. Sumayah (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama. Ananda, R. & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing. Anderson, L. W. dan D. R. Krathwohl (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan: Agung Prihantoro.Yogyakarta: Pustaka Belajar Anggi. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Literasi Membaca dan Menulis di SMPBumi Makmur di Kabupaten Musirawas Utara. Anjani. S, Dantes. N, & Artawan. G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kuta Utara. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.3 No 2, Agustus 2019. Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Ariyanti, A. (2019). Implementasi gerakan literasi sekolah (gls) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 1, No. 1). Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Astuti, Eny. (2022)."Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menumbuhkan Nilai Budi Pekerti Anak." Jurnal Ilmia Pendidikan, Sejarah, Dan Humaniora, 6 (2), 17- 24. Astuti, S. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro). Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 127 Barbre, J. O. (2019). Crafting a critical literacy skillset: An improved use of visual modalities. International Journal of Education and Literacy Studies, 7(2), 1– 139. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.7n.2p.139 Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seuneubok Lada: Jurnal ilmu- ilmu Sejarah, Budaya dan Kependidikan, 5(2), 153-166. Daniar R.A. (2021). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Negeri Sedati Gede 2 Sedati Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Volume 9 Nomor 1 Tahun 2021, 25-36. Dharma, K. B. (2020). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat membaca peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76. Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Djemari, Mardapi. 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika. Fangestika, Devy (2018) Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. Diakses tanggal 3 Januari 2018 Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya. 6 (8). (hlmn. 60-69). 17 (1) 37-44 Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai MIAI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1). Faizah, D U dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Febianti, Fepi. (2021). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Peran Perustakaan dan Pustakawan. Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 3(1), 82-107 Fitriana, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Kebon Dalem Kota Semarang (Vol. 1). Universitas Negeri Semarang. 128 Gwet, K.L. 2014. Hand Book of Inter-rater Reliability the Definitive Guide to Measuring the Extent of Agreement among Raters. Fourth Edition Published by Advanced Analytics, LLC; in the United States of America. Handayani, T., & Hartatik, E. S. Sosialisasi Penyegaran Gerakan Literasi Sekolah Bagi Para Pendidik Di Lingkungan SD Manyaran 01 Semarang Melalui BacaanSejarah Keteladanan Tokoh Nasional. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 48-59 Hartati, T. (2017). Multimedia dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat. Edutech, 15 (3), 301-310. Hermawan, dkk. 2020. Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik, Jurnal Isema, 5,1, hlm. 203. Imanugroho, S., dan Ganggi, R.I.P. (2019). "Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik SDN Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan." Jurnal Ilmu Perpustakaan. 7, (2), 71-80 Islamuddin, Haryu. 2012. psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kaharuddin, 2018. Evaluasi Program Literasi Sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Binanga Negeri Kabupaten Mamuju, Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar Kasiyun. Suharmono. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. 1(1):80-95. Kemendikbud. 2016. Panduan GLS. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI. Hasanah, U. & Silitonga, M. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Imanugroho, Isyawati. (2017). Program Kegarakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Sdn Iripan Lor 01 Kota Pekalongan. Semarang Indonesia: Universitas Diponogoro. Indani, N. (2019). Gerakan Literasi Sekolah SMA Negeri 10 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. 129 Kemendikbud. 2017. Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Kemendikbud: Jakarta. Khairani, Makmum. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Laksono, K., Retnaningdyah, P., Khamim, Purwaning, N., Sulastri, & Noprigawati. (2018). Strategi literasi dalam pembelajaran di sekolah menengah pertama: Vol. II. Satgas GLS Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/11419/1/15. Modul Literasi.pdf Maltepe, S., & Bayrakdar, E. (2021). Investigaton of 21 st century learner skills usage levels of turkish languange teacher candidates. International Journal of Education and Lieracy Studies, 9(3), 147. Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, 203–2017. Retrieved from Megantara, K., & Wachid, A. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230. Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta. Nafisah, Aliyatin. 2014. Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria. 2 (2). (hlmn. 70- 81). Nuryana, Zalik, Agus Suroyo, Indah Nurcahyati, Farid Setiawan, and Arif Rahman. “Literation Movement for Leading Schools: Best Practice and Leadership Power.” International Journal of Evaluation and Research in Education 9, no. 1 (March 2020): 227–330. Ony Dinata. 2017. “Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3. Nomor 1. Pradana, B.H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017) Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. Solidarity, 6, 167-179 Suragangga, I. M. Ngurah. 2017. Mendidik Nursalina Dan Budiningsih. 2019. “Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak” 3 (1): 1–7. 130 Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu. 3 (2). (hlmn. 154-163). Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33-41. Prawira, Muhammad Rifqi (2019) Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Di Smk Negeri 2 Wonosari. Bachelor's thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. Rahim. F. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara Rahmawati, Ima Siti,2018, “Menciptakan Generasi Literat Melalui Media Massa Surat” dalam FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.13 No, hal. 59-68 Retnaningdyah, P., Mujiyem, K. L., Setyorini, N. P., Sulastri, & Hidayati, U. S. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah menengah pertama. hartDirektorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing. Ritonga, M. K. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMKNegeri 4 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development, 7(2), 24-24. Sari, Dwi Novita (2021) Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Jenjang SMK di Kabupaten Purworejo. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta Risky, Fathur. (2023). Keterlaksanaan Program Literasi SD MI Muhajirin Duri. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 10-14 Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri I Penatih. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 55 131 Saryati, Titik, And Yuyun Yulia. 2019. “Contextual Teaching and Learning Approach to Supplementary Reading Materials Based On 2013 Curriculum.” Journal of English Language and Pedagogy 2(1):1. Doi: 10.36597/Jelp.V2i1.3703. Septiary, D., & Sidabutar, M. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Epistema, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32054. Setyawan, D., & Gusdian, R. I. (2020). Penguatan Habitus Literasi: Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS). E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 299-306. Shela, Vonie. 2020. Pelaksanaan Program Literasi di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekan Baru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://respository.uinsuska.ac.id/25242/2/SKRIPSI%20VONIE%20SHELA.pdf Sisman, C., & Bahadır, E. (2021). The effects of student led conferences on the improvement of 21st century career and life skills. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(4), 152–169. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.4.9 Stufflebeam, Daniel L. “The CIPP Model for Evaluation, dalam Daniel L. Stufflebeam, dkk. (eds), Evaluation in Education and Human Service, Boston: Kluwer Academic Publisher, 2002 Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 003-013). Suragangga, I. M. Ngurah. 2017. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu. 3 (2). (hlmn. 154-163). Susanti, S. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik MIN 2 ota Bengkulu: Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2). Retrieved from https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/305. Suyono, S. Harsiati, T. & Wulandari, I.S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, 26 (2), 117. Retrieved from: http://journal2.um.ac.id/index. 132 Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta. Triatma, Ilham Nur. 2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. Vol. V Nomor 6, http://journal.student.uny.ac.ide Ulfah, M., Kuswati, H., & Thoharudin, M. (2021). Pendidikan Literasi Keuangan Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA dan SMK Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Jurnal Kependidikan, 194-204. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.522 Wagiran. (2015). Metodologi penelitian pendidikan: teori dan implementasi. Yogyakarta: Deepublish. Wibayanti, S. H., Lian, B., & Mulyadi. (2020). The influence of school literacy movement and reading habit on student’s achievement. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 144–155. Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayanti, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri, Rahmawan, N., Rahayu, E. S., Yusuf, A., & Antoro, B. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah (2nd ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan. Vanbela, V. T., Fuad, N., & Marini, A. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Rorotan 05 Kota Jakarta Utara. 2(2), 1–13. Yuniati, Y., Yuningsih A., & Ratmanto, T. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca. Prosiding Humaniora, 7(2), 366-377. citation: Fadhilla, Nuansa Trimaya and Suyanto, Slamet (2024) Evaluasi Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Penguatan Minat Membaca Jenjang SD di Kabupaten Purworejo. S2 thesis, Sekolah Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/83162/1/tesis_nuansa%20trimaya%20fadhilla_21701251033.pdf