@phdthesis{UNY83162, author = {Nuansa Trimaya Fadhilla and Slamet Suyanto}, title = {Evaluasi Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Penguatan Minat Membaca Jenjang SD di Kabupaten Purworejo.}, month = {January}, year = {2024}, school = {Sekolah Program Pascasarjana}, keywords = {evaluasi, Gerakan Literasi Sekolah, model CIPP}, url = {http://eprints.uny.ac.id/83162/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi aspek context, 2 input 3) process, dan 4) product implementasi program GLS dalam penguatan minat membaca terhadap prestasi peserta didik jenjang SD di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian yang digunakan terdiri dari 180 peserta didik, 41 guru dan 6 perwakilan tim literasi sekolah dari 3 SD Negeri dan 3 SD Swasta di Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, wawancara dan teknik dokumentasi dengan skala likert, pedoman wawancara dan lembar dokumentasi Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi menggunakan formula Aiken?s V dan validitas konstruk menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Reliabilitas diestimasi dengan uji Cronbach Alpha dan Intraclass Correlation Coefficient (ICC). Teknik analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengukur capaian keberhasilan program CIPP implementasi GLS di SD Negeri dan SD Swasta. Hasil penelitian menunjukkan: 1) implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) jenjang sekolah dasar di kabupaten purworejo pada aspek context memiliki tingkat keberhasilan sebesar 85,07\% dan 81,25\% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru, dan dalam penguatan minat membaca memiliki ketercapaian dengan presentase 74,25 dari peserta didik dalam kategori baik ; 2) aspek input memiliki tingkat keberhasilan sebesar 80,58\% dan 80,05\% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru dan dalam penguatan minat membaca memiliki ketercapaian dengan presentase 77,58\% dari peserta didik dalam kategori baik; 3) aspek process memiliki tingkat keberhasilan sebesar 78,65\% dan 79,05\% termasuk dalam kategori baik pada peserta didik maupun guru, dan dalam penguatan minat membaca memiliki ketercapaian dengan presentase 74,37\% dari peserta didik dalam kategori baik; 4) aspek product memiliki tingkat keberhasilan sebesar 82,22\% dan 83,38\% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru, dan dalam penguatan minat membaca memiliki ketercapaian dengan presentase 77,25 dalam kategori baik.} }