eprintid: 83150 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/31/50 datestamp: 2024-09-05 03:42:02 lastmod: 2024-09-05 03:42:02 status_changed: 2024-09-05 03:42:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setiawati, Agustina creators_name: Arliani, Elly title: Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Pembelajaran Matematika SMP. ispublished: pub subjects: D2 subjects: F4 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: karakter, matematika, pengembangan instrumen, penilaian abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan konstruk instrumen penilaian karakter pada pembelajaran matematika siswa SMP, (2) menganalisis kualitas instrumen yang dikembangkan, (3) menganalisis karakteristik instrumen yang dikembangkan, dan (4) menganalisis profil karakter siswa SMP dalam menyelesaikan instrumen yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadopsi dari Azwar (2022) dengan sembilan langkah yaitu: (1) identifikasi tujuan ukur, (2) pembatasan domain ukur, (3) operasionalisasi aspek, (4) penulisan item, (5) uji keterbacaan, (6) field test, (7) seleksi item dan estimasi reliabilitas, (8) validasi konstruk, dan (9) kompilasi final. Pengambilan data menggunakan lembar validasi dan kuesioner melalui Google Form. Validasi isi dilakukan oleh lima orang ahli dengan menggunakan validasi Aiken’s V. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji keterbacaan yang melibatkan 27 siswa dan uji terbatas dilakukan di SMP N 8 Yogyakarta dengan melibatkan 153 siswa, dan hasilnya dianalisis menggunakan Exploratory Factor Analysis. Uji coba skala luas melibatkan 983 siswa kelas VIII di tujuh SMPN di Yogyakarta dan hasilnya dianalisis dengan validitas konstruk Confirmatory Factor Analysis dan analisis reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan ICC serta analisis GRM dilakukan untuk mengetahui karakteristik instrumen. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan profil karakter siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen yang dikembangkan tersusun menjadi 18 butir pertanyaan, dengan setiap pertanyaan terdiri atas lima pilihan jawaban dan terdiri atas aspek religius, integritas, nasionalisme, gotong royong, dan mandiri; 11 indikator aspek dan 12 indikator butir. (2) Instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria valididitas secara isi dan konstruk serta reliabel. (3) Hasil karakteristik instrumen menggunakan IRT model GRM diketahui instrumen dapat mengukur karakter siswa dalam pembelajaran matematika. (4) Profil siswa SMP dalam menyelesaikan instrumen penilaian karakter pada pembelajaran matematika adalah pada kategori sangat tinggi (37%), sangat rendah (26%), tinggi (16%), sedang (14%), dan rendah (7%) date: 2024-01-17 date_type: published institution: Sekolah Program Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Abdillah Dalimunthe, R. A. (2016). Strategi dan implementasi pelaksanaan pendidikan karakter di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 102–111. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616 Ahmad, M., & Rochimah, H. (2021). Improving teaching effectiveness through transformational leadership and integrity. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1316–1324. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.21801 Aitami, S., Syamsuri, & Setiani, Y. (2020). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 53–63. https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.385 Alhana, A. N. (2023). The implementation of character education in grade 4 mathematics subjects in elementary schools. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 12(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24090/jimrf.v12i2.7543 INTRODUCTION Amelia, W., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengelolaan pendidikan karakter melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 520–531. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2431 Anggraini, N. P., Budiyono, & Pratiwi, H. (2019). Analysis of higher order thinking skills students at junior high school in surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1211/1/012077 Apriandi, D., Retnawati, H., & Abadi, A. M. (2022). Construct Validity and Reliability of the Learning Motivation Questionnaire. TEM Journal, 11(4), 1494–1499. https://doi.org/10.18421/TEM114-09 Arif, R. M. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sains. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 135–150. https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.385 Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun karakter siswa melalui pembelajaran matematika yang berintegrasi keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511 Arliani, E. (2012). Mengembangkan sikap saling menghargai melalui pembelajaran matematika: upaya memperbaiki karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 2(1), 1–4. Asdarina, O., & Arwinda, N. (2020). Analisis implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika. Mathema Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.460 Assa’diyah, N. H., & Hadi, S. (2021). Developing student character assessment questionnaire on French subject in state high schools. Research and 141 Evaluation in Education, 7(2), 168–176. https://doi.org/10.21831/reid.v7i2.43196 Azwar. (2016). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Azwar. (2019). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2005). Penyusunan skala psikologi (1st ed). Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Azwar, S. (2022). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar. Baker, F. B., & Kim, S. (2004). Item response theory: parameter estimation techniques. CRC Press. Bandalos, & Finney. (2018). The Reviewer’s Guide to Quantitave Methods in the Social Sciences. Barnard, A., Schurink, W., & De Beer, M. (2008). A conceptual framework of integrity. SA Journal of Industrial Psychology, 34(2), 40–49. https://doi.org/10.4102/sajip.v34i2.427 Budiastuti, & Bandur, A. (2014). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Mitra Wacana Media. Budiastuti, E., Sugiyem, & Puad, F. N. A. (2023). Developing self-assessment instruments to measure students’ performance characters in making dresses using a high-order thinking skills approach. Cakrawala Pendidikan, 42(1), 27– 37. https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.50172 Budiyanto, M., & Machali, I. (2015). Pembentukan karakter mandiri melalui pendidikan agriculture di pondok pesantren islamic studies center aswaja lintang songo piyungan bantul yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 108–122. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2784 Citra, Y. (2012). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal E- JUPEKhu (Jurnal Pendidikan Khusus), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jupe7950.64 Dahniar, A. (2020). Memahami pembentukan sikap (attitude) dalam pendidikan dan pelatihan. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 202–206. https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.27 Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Aldila, F. T. (2022). Gender and perception: implementation of web-based character assessment in science learning. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 131–142. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37737 Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar kabupaten kulon progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721 142 Degroote, L., Desmet, A., De Bourdeaudhuij, I., Van Dyck, D., & Crombez, G. (2020). Content validity and methodological considerations in ecological momentary assessment studies on physical activity and sedentary behaviour: A systematic review. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 17(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12966-020-00932-9 Dotari, A., & Komalasari, R. (2021). Analisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika berbasis daring siswa SMP. ... Matematika Dan Pendidikan ..., 287–293. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1940 Effendi, T. N. (2016). Budaya gotong royong masyarakat dalam perubahan sosial saat ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 1. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23403 Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis penerapan 5 nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649–660. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074 Faizah, U., Zuchdi, D., & Alsamiri, Y. (2019). An authentic assessment model to assess kindergarten students’ character. Research and Evaluation in Education, 5(2), 103–119. https://doi.org/10.21831/reid.v5i2.24588 Field, A. (2009). Discovering Statistics Using SPSS. Sage Publication, Ltd. Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Allyn and Bacon. Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analysis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gonulal, T. (2019). The development and validation of an attitude towards MALL instrument. Educational Technology Research and Development, 67(3), 733– 748. https://doi.org/ttps://doi.org/10.1007/s11423-019-09663-6. Gunardi Endro. (2017). Menyelisik makna integritas dan pertentangannya. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 3(1), 131–152. https://jurnal.kpk.go.id/Dokumen/Jurnal-INTEGRITAS-Volume-3-No-1- tahun-2017/Jurnal-INTEGRITAS-Volume-3-No-1-tahun-2017-06.pdf Hair, J., Anderson, R., Babin, B., & Black, W. (2010). Multivariate Data Analysis.pdf (seventh). Pearson Education Inc. Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1985). Item response theory. MA: Kluwer Inc. Harerimana, A., & Mtshali, N. G. (2020). Using exploratory and confirmatory factor analysis to understand the role of technology in nursing education. Nurse Education Today, 92. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104490 Haryono, S. (2016). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen AMOS Lisrel PLS. 143 PT. Intermedia Personalia Utama. Herman, H., Hartini, S., & Mulyaningsih, M. (2023). Pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi ketua bumdesa di kabupaten bogor. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(3), 1420–1431. https://doi.org/10.29210/020232162 Hidayah, M. A., & Setiawati, F. A. (2022). Developing a character assessment instrument based on the school culture. Research and Evaluation in Education, 8(2), 90–99. https://doi.org/10.21831/reid.v8i2.46802 Hidayat, W., Ahmad, J. Bin, & Hamzah, M. I. Bin. (2018). Nilai keutamaan pengetahuan dan kebijaksanaan dalam konteks pendidikan karakter bangsa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 82–91. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.18103 Hidayati, K., Budiyono, B., & Sugiman, S. (2018). Developing scale to measure student’s honesty characters on mathematics learning using subject scaling. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 143–153. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19310 Istiyono, E. (2020a). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika (Edisi Kedua). UNY Press. Istiyono, E. (2020b). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern (Kedua). UNY Press. Kemendikbud. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendiknas. (2010). Desain induk pendidikan karakter. https://muhsinpamungkas.files.wordpress.com/2011/05/desain-induk- pendidikan-karakter-kemdiknas.pdf Khirur, R., Badruli Martati, S. H., Putra, D. A., Roziqin, K., Martati, B., & Putra, D. A. (2021). Analisis karakter religius siswa dalam belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(1), 1–6. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/12150 Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4, 17–26. https://journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan/article/view/991 Lestari, & Harjono, N. (2021). Pengembangan instrumen penilaian karakter PPK aspek kemandirian pembelajaran tematik terpadu siswa SD kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379 Lestari, S. A. P. (2019). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada materi himpunan kelas VII SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 111. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3862 144 Lickona, T. (1991). Educating for character: how our school can teach respect and responsibility. Allyn and Bacon. Lumban, G. P., Khumaedi, M., & Masrukan. (2017). Pengembangan instrumen penilaian karakter percaya diri pada mata pelajaran matematika sekolah menengah pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). Mahmudi, A. (2016). Memberdayakan pembelajaran matematika untuk mengembangkan kompetensi masa depan. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 1–6). https://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/Memberdayakan_Ma t_Semnas_UNY_2016_ali_mahmudi.pdf Mahmudi, A. (2011). Mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 75–80. https://eprints.uny.ac.id/7175/1/PM-10 - Ali Mahmudi.pdf Mardapi, D. (2010). Penilaian pendidikan Karakter. Universitas Negeri Yogyakarta. Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika. Mardapi, D. (2016). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Parama Publishing. Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan (Kedua). Parama Publishing. Marzuki. (2012). Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 33–44. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1450 Marzuki, I. (2017). Menelusuri konsep pendidikan karakter dan implementasinya di Indonesia. Jurnal DIDAKTIKA, 1(karakter), 5–6. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jd/article/download/21/17 Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Pengembangan instrumen pengukuran nilai disiplin mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 397. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2888 Mooi, E., & Sarstedt, M. (2011). A Concise Guide to Market Research. In A Concise Guide to Market Research. https://doi.org/10.1007/978-3-642-12541- 6 Muryanti. (2016). Jurnal sosiologi reflektif. Jurnal Sosiologi Reflektif, 9(1), 63–81. http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/sosiologireflektif/article/view/1130 145 Mustoip, S., Japa, M., & Ms, Z. (2018). Implementasi pendidikan karakter. Surabaya. Naga, D. (1992). Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan. Gunadarma. Nurosis. (1986). SPSS/PC+for the imbbc/xl/. Chicago: SPSS Inc. Nurrahman, A., Sukirno, S., Pratiwi, D. S., Iskandar, J., Rahim, A., & Rahmaini, I. S. (2022). Developing student social attitude self-assessment instruments: A study in vocational high school. Research and Evaluation in Education, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/reid.v8i1.45100 Nursamsi, & Jumardi, J. (2022). Peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775 Parwati, N. N. (2019). Adaptasi pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Prosiding Senama PGRI, 1(87). https://doi.org/10.5281/zenodo.3445646 Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf Pertiwi, I., & Marsigit, M. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 153. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.11241 Prasetyo, Y. T., Senoro, D. B., German, J. D., Robielos, R. A. C., & Ney, F. P. (2020). Confirmatory factor analysis of vulnerability to natural hazards: a household vulnerability assessment in marinduque island, philippines. International Journal of Disaster Risk Reduction, 50. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101831 Punyanunt-Carter, N. M. (2017). Responseoptions for scale: does it matter what words you use? Journal of Media Critiques, 3(9), 33–49. https://doi.org/https://doi.org/10.17349/jmc117103 Rachmawati, F., & Purwaningrum, J. P. (2019). Model discovery learning berbasis etnomatematika pada bangun ruang untuk menumbuhkan kemampuan literasi dan karakter nasionalisme pada generasi Z 4.0. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 254–260. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4837 Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi pembelajaran matematika berbasis ICARE dan islam pada materi pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2874 Ramadhan, S., Mardapi, D., Prasetyo, Z. K., & Utomo, H. B. (2019). The development of an instrument to measure the higher order thinking skill in physics. European Journal of Educational Research, 8(3), 743–751. 146 https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.743 Retnawati, H. (2014). Teori respons butir dan penerapannya. Nuha Medika. Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing. Rezapour, M., Cuccolo, K., Veenstra, C., & Ferraro, F. R. (2021). An item response theory to analyze the psychological impacts of rail-transport delay. Sustainability (Switzerland), 13(12), 1–14. https://doi.org/10.3390/su13126935 Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di kabupaten klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885 Rosyad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2074 Rusminati, S. H., Irianto, A., & Fanny, A. M. (2021). Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(1), 59–70. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa Santoso. (2020). Pendidikan karakter melalui pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 2(2), 35. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2085 Santoso, S. (2006). Menggunakan SPSS untuk statistik non parametrik. PT. Elex Media Komputindo. Sari, R. N., & Andriani, S. (2019). Penggunaan graded response models (GRM) dalam menganalisis proses berpikir kritis matematis. Prosiding Seminar ..., 2(1), 175–188. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/4307 Sethar, W. A., Pitafi, A., Bhutto, A., Nassani, A. A., Haffar, M., & Kamran, S. M. (2022). Application of item response theory (IRT)-graded response model (GRM) to entrepreneurial ecosystem scale. Sustainability (Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095532 Setiawan, A., Mardapi, D., Supriyoko, & Andrian, D. (2019). The development of instrument for assessing students’ affective domain using self- and peer- assessment models. International Journal of Instruction, 12(3), 425–438. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12326a Setya, F. ditto, & Gea, A. A. (2014). Pengaruh etika kerja, komitmen organisasi, locus of control dan partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial pada pt pos Indonesia (PERSERO) cabang jember. Humaniora, 5(2), 950–959. http://research- 147 dashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Proceeding/Hum aniora/Vol 5 no 2 Oktober 2014/41_CB_Antonius.pdf Shodiq, Zamroni, & Kumaidi. (2016). Developing an instrument for measuring the faith of the students of islamic senior high school. Research and Evaluation in Education, 12(4), 154–168. https://doi.org/:http://dx.doi.org/10.21831/reid.v2i2.11117 Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., & Sari, E. (2023). Penguatan sikap religius siswa melalui pembelajaran matematika bermuatan nilai islam. 2(1), 211–221. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.135 Subagyo. (2012). Pengembangan nilai dan tradisi gotong royong dalam bingkai konservasi nilai budaya. Indonesian Journal of Conservation, 1(1), 61–68. Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316 Supriyadi, E. (2015). Pendidikan dan penilaian karakter di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 110–123. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.7590 Suratmi, Laihat, & Asnimar. (2020). Development of assessment instruments based on higher order thinking skills (HOTS) for elementary school students. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 6(1), 199–211. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.7356 Suryani, H. (2015). Metode Riset Kuantitatif, Teori, dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenada Media. Susac, A., Planinic, M., Klemencic, D., & Milin Sipus, Z. (2018). Using the Rasch model to analyze the test of understanding of vectors. Physical Review Physics Education Research, 14(2), 23101. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.14.023101 Sustekova, Turekova, & Hudec. (2019). The validity and reliability of a tool for assessing the construct of teachers’ attitudes towards inclusion. Journal of Education for Teaching, 45(4), 462–475. https://doi.org/10.1080/02607476.2019.1649358. Sutijan, Makhfud, H., Lestari, L., & Chumdari. (2015). Pengembangan instrumen penilaian pendidikan karakter terpadu. 18(2), 1–9. https://doi.org/http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia Tarusu, D. T., Sumantri, M. S., Edwita, E., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). Student character establishment in mathematics learning in elementary school during coronavirus pandemic. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(8), 2811–2822. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i8.7783 Tim PPK Kemendikbud. (2018). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. In Kementerian 148 Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan- pedoman-ppk Triana, N. (2022). Pendidikan karakter. Mau’izhah, 11(1), 1–41. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58 Trilisiana, N., Kusumawardani, E., Yani, D., Ardila, I., Pratiwi, S., Rahmawati, T. N., Risda, D., Krishnawati, N., & Andika, A. (2023). Pendidikan karakter. CV. Selembar Karya Pustaka. Tsauri, S. (2015). Pendidikan karakter peluang dalam membangun karakter bangsa. IAIN Jember Press. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1723 Tukiran, M. (2020). Filsafat manajemen pendidikan. Kanisius. https://play.google.com/store/books/details?id=zuoJEAAAQBAJ&source=gb s_api Wagiran. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasinya. Deepublish. Watson, J. C. (2017). Establishing evidence for internal structure using exploratory factor analysis. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 50(4), 232–238. https://doi.org/10.1080/07481756.2017.1336931 Widaty, C. (2020). Perubahan kehidupan gotong royong masyarakat pedesaan di kecamatan padaherang kabupaten pangandaran. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(1), 174. https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i1.1617 Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan karakter nasionalisme peserta didik di sekolah berbasis agama islam. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/301 25–33. Widyaningsih, R. (2023). Meningkatkan pendidikan karakter jiwa nasionalisme siswa melalui media peta tokoh. Guru Dikmen Dan Diksus, 61–78. Wijayanto. (2008). Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8 Edisi 1. Graha Ilmu. Wijono, S. (2016). Model evaluasi ujian nasional kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 235– 243. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/pep.v20i2.8731 Yan, T. B. Z., & Heene, M. (2021). Applying The Rasch Model Fundamental Measurement in The Human Sciences (4 th). Routledge. Yansyah, M., Hesti, H., Mardiana, M., & Musiman, M. (2023). Implementasi pendidikan karakter pada siswa SMP. Journal on Education, 5(4), 14653– 14660. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2526 149 Yanti, I. C., & Armida. (2022). Analisis character building (nilai karakter mandiri dan integritas siswa) pada pembelajaran jarak jauh. Jurnal Ecogen, 5 (4)(4), 615–625. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan instrumen penilaian karakter pada siswa kelas IV sekolah dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 46–54. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207 citation: Setiawati, Agustina and Arliani, Elly (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Pembelajaran Matematika SMP. S2 thesis, Sekolah Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/83150/1/tesis_agustina%20setiawati_21701251001.pdf