eprintid: 83145 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/31/45 datestamp: 2024-09-11 03:48:59 lastmod: 2024-09-11 03:48:59 status_changed: 2024-09-11 03:48:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ashhsidiqi, M. Hasbih creators_name: Harun, Harun title: Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Indeks Inklusi di SMA/SMK Kota Yogyakarta. ispublished: pub subjects: D2 subjects: D3 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: Evaluasi, Pendidikan Inklusi, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Model Discrepancy, SMA, SMK abstract: Penelitian ini bertujuan untuk yaitu 1) Mengidentifikasi kesesuaian penyelenggaraan pendidikan inklusi dengan kriteria indeks inklusi yang ditinjau dari dimensi praktik, kebijakan, dan praktik, 2) Mengidentifikasi hambatan penyelenggaraan pendidikan inklusi, dan 3) Mengidentifikasi rekomendasi yang dapat diberikan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di SMA/SMK Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model Discrepancy dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 164 peserta didik reguler, dan 99 guru di SMA/SMK Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket serta melalui wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dengan skala Likert, pedoman wawancara, dan lembar telaah dokumen. Validitas instrumen penelitian dibuktikan dengan menggunakan Formula V Aiken dan validitas konstruk dengan Exploratory Factor Analysis (EFA). Reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan uji Cronbach alpha. Teknik analisis deskriptif mengacu pada transformasi data mentah ke dalam suatu bentuk persentase untuk memberikan gambaran ketercapaian pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan inklusi berdasarkan indeks inklusi di SMA/SMK Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusi berdasarkan indeks inklusi yang ditinjau dari dimensi budaya, kebijakan, dan praktik di SMA/SMK Kota Yogyakarta dapat dinilai baik, namun terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki terkait dukungan-dukungan terkait sarana prasarana dan administrasi sekolah terkait Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di sekolah inklusi SMA/SMK Kota Yogyakarta. date: 2024-01-29 date_type: published institution: Sekolah Program Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Abdul, N. B., Mahmud, M., Wello, B., & Dollah, S. (2020). Instructional communication: Form and factors affecting students participation at higher education class. Asian EFL Journal, 27(3), 17–40. Abdurahman & Mulyono. (2002). Landasan Pendidikan Inklusi dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Tenaga Kepen didikan, Jakarta: Depdiknas. Adams, D. Harris, A. & Jones, M. S. (2016). Teacher-parent collaboration for an inclusive classroom: Success for every child. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4(3), 58–72. Agustin, L. D., & Pandia, W. S. S. (2014). Pemahaman pedagogik guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(1). Aiken, L. (1997) Psychological Testing and Assessment 9 th edition. USA: Allyn and Bacon. Ainscow (2020) Promoting inclusion and equity in education: lessons from international experiences, Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 6:1, 7-16, DOI: 10.1080/20020317.2020.1729587 American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders. 5th ed (DSM-V) .Arlington: American Psychiatric Publishing, Andrews, J., Leigh, I., & Weiner, M. (2004). Deaf People: Evolving Perspectives in Psychology, Education, and Sociology. Boston, MA: Allyn & Bacon. Arikunto, Jabar (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian . Jakarta: Bumi Aksar. Astuti, E. Y. (2023). Komunikasi Instruksional Guru Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif . Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i1.667 Azwar. (2006). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Azwar. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Booth & Ainscow. (2002). Index for Inclusion; Developing Learning and Participation in Schools. Cambridge: CSIE. Booth & Ainscow. (2011). Index for Inclusion: Developing Learning and Participation in Schools. Bristol: CSIE 106 Booth & Ainscow. (2016). Index for Inclusion: A Guide to School Development Led by Inclusive Values. Cambridge: CSIE https://www.ph-noe.ac.at/fileadmin/root_phnoe/Forschung/Migration/Index_curriculum_pages.pdf Booth, T., Simón Rueda, C., Sandoval Mena, M., Echeíta, G., & Muñoz Martínez, Y. (2015). Guía para la Educación Inclusiva. Promoviendo el aprendizaje y la participación en las escuelas: Nueva edición revisada y ampliada. REICE. Revista Electrónica Iberoamericana sobre Calidad, Eficacia y Cambio en Educación, 13(3), 5–19. Braunsteiner, M, L., & Mariano-Lapidus,S. (2017). Using the Index for Inclusion to measure attitudes and perceptions of inclusion in teacher and school building leader candidates in the USA and Austria, International Journal of Inclusive Education, DOI: 10.1080/13603116.2017.1396503 Brotosedjati, S. (2003) Rintisan Pendidikan Inklusi di Jawa Tengah. Makalah. Disampaikan Pada Acara Semnar Nasional tentang Model Pendidikan Inklusif di Indonesia dan Implementasinya di Jawa Tengah, Surakarta, di Universitas Sebelas Maret Budimansyah. D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung: Genesindo Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta, Prenada Media Group. Diana, I. N., & Susilo, H. (2020). Kerjasama Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelompok Bermain Mambaul Ulum. 9(2), 87-93. Dulisanti, R. (2015). Penerimaan Sosial dalam Proses Pendidikan Inklusif (Studi Kasus pada Proses Pendidikan Inklusif di SMK Negeri 2 Malang). Indonesian Journal of Disability Studies, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2015.02.01.05 Dyson, A., Howes, A., & Roberts, B. (2004). What do wereally know about inclusive schools? A systematic reviewof the research evidence. In D. Mitchell (Ed.),Special educational needs and inclusive education: Major themesin education. London: Routledge. Fernández-Archilla, J.A., Álvarez, J.E., Aguilar Parra, J.M., Trigueros, R., Alonso López, I.D., & Echeita, G. (2020). Validation of the Index for Inclusion Questionnaire for Compulsory Secondary Education Students. Sustainability Fikri, M., Hastuti, N., Wahyuningsih, S., (2014). Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan (Hal 57-77). nulisbuku Finch, W. H., & French, B. F. (2019). Educational and psychological measurement. Routledge. Fournier, D. M. (2005). Evaluation. In S. Mathison (Ed.), Encyclopedia of evaluation (Hal. 139–140). Sage 107 Friend, M., & Bursick, W.D. (2012).Including Student with Special Needs: A PracticalGuide for Classroom Teacher. SixthEdition. USA:Pearson Gall, M.D., Gall, J.P. & Borg, W.R. (2003). Educational Research: An Introduction. New York: Pearson Education Inc. Gusti, N. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Setting Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 532-544. doi: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3469 Hair, J.F., Black. W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. (2010). Multivariate Data Analysis (VII). New Jersey: Pearson Prentice Hall Hallahan, DP., Kauffman, JM. & Pullen, P.C. (2014). Exceptional Learners (An Introduction to Special Education) Twelfth Edition. USA: Pearson Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers Hamzah, Manafe, H. A., Kaluge, A. H., & Niha, S. S. (2023). Bentuk dan Faktor Penyebab Bullying: Studi Mengatasi Bullying di Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 481-491. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1968 Hermanto, SP. (2012) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam menumbuhkan kesadaran perbedaan individu berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Heung, V.(2006) Can the introduction of an inclusion index move a system forward?, International Journal of Inclusive Education, 10:4-5, 309-322, DOI: 10.1080/13603110500430674 Hidayat. (2003). Kelompok Kerja (POKJA) Pengkajian Implementasi Pendidikan Inklusif. Makalah. Disampaikan Pada Acara Seminar Nasional tentang Model Pendidikan Inklusif di Indonesia dan Implementasinya di Jawa Tengah, di Universitas Sebelas Maret, Surakarta Hildayati, H., Mayasari, A., & Nurliani, N. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Mata PelajaranEkonomi pada Kelas X-1 SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(2), 53—60.DOI: 10.30872/jimpian.v3i1.224 Johnsen B H., dan Miriam D S. (2001). Education—Special Needs Education; An Introduction. Norway: Unipub Forlag. Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., Hidayatullah, & Fauzan, A. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Komunikasi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440. 108 Kustawan, D. (2012). Pendidikan inklusif dan upaya implementasinya. Luxima Metro Media. Kusaeri, & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Laksana, Sigit Dwi & Anip Dwi Saputro. (2016). Pentingnya Media pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Ponorogo: Inclusive: Journal of Special Education Vol. 2 No. 1. Rifani, L.,G. (2016) Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. S1 Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. Miller, M., D, Linn, R., L. & Gronlund, N.E. (2009). Measurement and assessment in teaching (10th ed.). EnglewoodCliffs, NJ: Prentice-Hall. Maccoby, E. E. & Maccoby, N. (1954). The interview: A tool of social science. In G. Lindzey (Ed.), Handbook of social psychology (pp. 449–487). Cambridge, MA: Addison-Wesley. Masidjo. (1995), Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah, Kanisius, Yogyakarta. Mathison, S. (2005). Encyclopedia of evaluation. (Hal 60, 197 & 402). Sage Matusovich, H. M., Lee, W. C., Janeski, J. A., & Winters,K. E. (2011). How instructors and classroomclimate contribute to the motivation of first-year engineering students. Paper presented at the 118th annual meeting of the American Society for Engineering Education, Vancouver, Canada. http://www.asee.org/public/conferences/1/papers/845/view Mehrens, W.A. & Lehmann, I.J. (1973). Measurement and evaluation in education and psychology. New York: Hold, Rinehart and Wiston, Inc. Moliner.O., Sales,A., Ferrández,R., & Traver,J. (2011) Inclusive cultures, policies and practices in Spanish compulsory secondary education schools: teachers’ perceptions in ordinary and specific teaching contexts. International Journal of Inclusive Education, 15:5, 557-572, DOI: 10.1080/13603110903165158 Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Muhammad, H. H. ., Lestari, S. ayu B. ., Ibrahim, F. ., Harun, R. ., & Ibrahim, R. B. . (2023). Edukasi Perilaku Bullying pada Kalangan Remaja di SMA Negeri 4 Ternate. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7899–7903. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19007 109 Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya. National Institutes of Health. (2018). Autism Spectrum Disorder. NIH Publication. National Joint Committee on Learning Disabilities.(1989). Modifications to the NJCLD definition of learning disabilities. Letter from NJCLD to member organizations. Washington, DC: Author Ng, S. W., & Kwan, Y. W. (2020). Inclusive Education Teachers—Strategies of Working Collaboratively With Parents of Children With Special Educational Needs in Macau. International Journal of Educational Reform, 29(2), 191-207. https://doi.org/10.1177/1056787919886579 Nunally, J., & Bernstein, I. (1994). Psychometric theory (3nd ed.). New York: McGraw Hll. Nurfadhillah, S. et al. (2021). Lamban Belajar (Slow Learner) Dan Cepat Belajar (Fast Learner). Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 3, No. 3,. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. (2022). Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 3 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas, Memiliki Potensi Kecerdasan, dan/atau Bakat Istimewa. Menteri Pendidikan. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Presiden Republik Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi Yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas. Provus, M. (1971). Discrepancy Evaluation. Berkeley, CA: McCutcheon. Rahmi & Damri. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Inklusi Tingkat SMA dan SMK di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 6 (1). pp. 70-76. Ratnawati, R. (2018). Peranan guru sebagai model dalam pembentukan Karakter peserta didik. Prosiding Seminar Nasional STKIP Andi Matappa Pangkep, 1(1), 1-11 Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing. Rudiyati, S. (2005). Peran dan Tugas Guru Pembimbing Khusus "Special Resource Teacher" dalam Pendidikan Terpadu/Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1). 110 Schalock, R. L., Luckasson, R.., & Tassé, M. J. (2021). Intellectual disability: Definition, diagnosis, classification, and systems of supports (12th Edition). Washington, DC: American Association on Intellectual and Developmental Disabilities. Scriven, M. (1976). Prose and cons about goal-free evaluation. In G. V Glass (Ed.), Evaluation studies review annual (Vol. 1). Beverly Hills, CA: Sage Soekanto, S (2012). Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : Rajawali Pers Stapleton. (1997). Basic Concepts and Procedures of Confirmatory Factor Analysis. http://ericae.net/ft/Cfa.HTM Sudarsono. (1994). Penelitian Evaluasi. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta Sumiyati. (2011). Inklusi Paud Bagi Masa Depan. Cakrawala Institute, Jogjakarta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta Sukinah. (n.d.). Sistem Penilaian Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus dalam Implementasi Pendidikan Setting Inklusi. Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Depdiknas No.380 /C.66/MN/2003, 20 Januari 2003 Sutrisno, H. (1981). Metodologi Research jilid II. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta. Tim Kemdikbud (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Trochim, W. M. K. (2023, November 15). Introduction to Evaluation. https://conjointly.com/kb/introduction-to-evaluation/ Turner,D.P. (2020). Sampling Methods in Research Design. Headache, 60, 8-12. https://doi.org/10.1111/head.13707 The United Nations. (2007). Convention on the Rights of Persons with Disabilities : resolution / adopted by the General Assembly, A/RES/61/106, https://www.refworld.org/docid/45f973632.html UNESCO. (1994). The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education. Paris: UNESCO. UNESCO. (2001). The open file on inclusive education. Paris: UNESCO. UNESCO. (2020). Towards inclusion in education: Status, trends and challenges, Salamanca Statement 25 years on United Nations Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374246 Smith, D. D., & Tyler, N.C. (2010). Introduction to Special Education. London: Pearson United Nations Development Programme. (2021). UNDP EVALUATION GUIDELINE. New York Witasoka, D. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusif SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. INKLUSI, 3(2), 163–192. https://doi.org/10.14421/ijds.030202 Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Wirawan. (2012). Evaluasi; Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. (Hal.7) Depok: PT Raja Grafindo Persada World Health Organization (1980) International Classification of Impairments, Disabilities, and Handicaps: A Manual of Classification Relating to the Consequences of Disease. WHO. Yasa, R. B., & Julianto, J. (2018). Evaluasi Penerapan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar di Kotamadya Banda Aceh Dan Kabupaten Pidie. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(2), 120–135. https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/equality/article/view/3448 Yuwono, dan Utomo. (2021). Pendidikan Inklusi. Yogyakarta. Deepublish. Zabeli, N. & Behluli, L. (2014). Index For Inclusion -Facts and Opinions. Save the Children. Kosovo citation: Ashhsidiqi, M. Hasbih and Harun, Harun (2024) Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Indeks Inklusi di SMA/SMK Kota Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/83145/1/tesis_m.%20hasbih%20ashshidiqi%20gusmasita_21701251038.pdf