TY - THES M1 - tesis TI - Hubungan Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah, Perilaku Sehat dan Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/83066/ ID - UNY83066 KW - program UKS KW - perilaku sehat KW - peran orang tua KW - motivasi belajar N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan pelaksanaan program UKS dengan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar Kapanewon Imogiri Yogyakarta. (2) Hubungan perilaku sehat dengan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar Kapanewon Imogiri. (3) Hubungan peran orang tua dengan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar Kapanewon Imogiri. (4) Hubungan pelaksanaan program UKS, perilaku sehat dan peran orang tua dengan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar Kapanewon Imogiri Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dengan jumlah 214 siswa kelas atas, subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 62 anak (29%), kelas V sebanyak 70 anak (33%) dan kelas VI sebanyak 82 anak (38%). Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner terkait dengan program UKS, perilaku sehat, peran orang tua dan motivasi berlajar peserta didik. Teknik analisisi data menggunakan uji t. Hipotesis pertama hubungan pelaksanaan program UKS terhadap motivasi belajar siswa diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,555 bernilai positif dan nilai t hitung (2,796) dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05, disimpulkan bahwa pelaksanaan program UKS mepunyai hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, sehingga hipotesis 1 terbukti kebenarannya. Uji hipotesis kedua hubungan perilaku sehat terhadap motivasi belajar peserta didik diperoleh koefisien regresi sebesar 0,260 bernilai positif dan nilai t hitung (5,252) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, disimpulkan bahwa perilaku sehat mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Uji hipotesis ketiga hubungan peran orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik diperoleh koefisien regresi sebesar 0,182 bernilai positif dan nilai t hitung (4,013) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, disimpulkan bahwa peran orang tua mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Uji hipotesis keempat hubungan pelaksanaan program UKS, perilaku sehat dan peran orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik diperoleh nilai F hitung (36,945) dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan program UKS, perilaku sehat dan peran orang tua mempunyai pengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar peserta didik. Y1 - 2024/06/04/ A1 - Wijayanto, Fajar Dwi PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan ER -