%0 Thesis %9 S1 %A Rizki, Muhamad Fatur Maulana %A Prof. Soni Nopembri, Ph.D., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2024 %F UNY:83043 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K model pembelajaran kooperatif TGT, jurus tunggal, pencak silat %T Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Keterampilan Jurus Tunggal Tangan Kosong di Kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding %U http://eprints.uny.ac.id/83043/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) dalam meningkatkan keterampilan jurus tunggal tangan kosong pada aspek (1) gerakan pukulan, (2) gerakan tangkisan, (3) gerakan tendangan (4) gerakan elakan, (5) keserasian gerakan yang di lakukan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan metode One-Group Pretest-Posttest Design”. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang diambil adalah kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas tanpa adanya kelas control. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan jurus 1 tunggal tangan kosong. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya nilai uji-t diperoleh nilai thitung (-18,853) >ttabel(0,05)29(16,99) dengan Sig. (2-tailed) (0,00) yang berarti < α 0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Terdapat peningkatan keterampilan jurus tunggal tangan kosong memiliki rata-rata sebesar 12,2000 meningkat menjadi 19,8333 setelah diterapkannya treatment/perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament (tgt). Rerata kenaikan peningkatan keterampilan jurus tunggal tangan kosong sebesar 7,6333. %Z Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.