%0 Thesis %9 S1 %A Weny, Kristiani %A Prapti Karomah, M.Pd, %A Kapti Asiatun, M.Pd, %A Enny Zuhni Khayati, M.Kes, %B Fakultas Teknik %D 2012 %F UNY:8303 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Modul sulaman bebas, Pengembangan dan Kelayakan modul %T PENGEMBANGAN MODUL SULAMAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERUMAHTANGGAAN DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/8303/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul sulaman bebas pada mata pelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta, 2) menguji kelayakan modul sulaman bebas pada mata pelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Develompemnt/penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan enam langkah pengembangan yaitu : 1) analisis kebutuhan modul, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil, 5) uji coba kelompok besar, 6) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada Mei-Juni 2012. Penelitian ini mengembangkan produk berupa modul sulaman bebas. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa dari kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) modul sulaman bebas yang sudah layak untuk pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta, 2) kelayakan modul sulaman bebas untuk pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Kelayakan modul sulaman bebas melalui tiga tahap sebagai berikut : a) uji validasi dan rancangan modul, hasil yang diperoleh semua expert (100%) menyatakan layak, b) uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa menyatakan modul sulaman bebas menarik sebagai media pembelajaran, c) uji coba kelompok besar sebanyak 31 siswa menunjukkan 15 siswa (48,88%) dalam kategori sangat setuju, 15 siswa (48,97%) dalam kategori setuju dan 1 siswa (2,15%) dalam kategori kurang setuju. Secara keseluruhan modul sulaman bebas sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta.