@phdthesis{UNY8303, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGEMBANGAN MODUL SULAMAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERUMAHTANGGAAN DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA}, month = {October}, author = {Kristiani Weny}, year = {2012}, keywords = {Modul sulaman bebas, Pengembangan dan Kelayakan modul}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8303/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul sulaman bebas pada mata pelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta, 2) menguji kelayakan modul sulaman bebas pada mata pelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R\&D (Research and Develompemnt/penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg \& Gall dengan enam langkah pengembangan yaitu : 1) analisis kebutuhan modul, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil, 5) uji coba kelompok besar, 6) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada Mei-Juni 2012. Penelitian ini mengembangkan produk berupa modul sulaman bebas. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa dari kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) modul sulaman bebas yang sudah layak untuk pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta, 2) kelayakan modul sulaman bebas untuk pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Kelayakan modul sulaman bebas melalui tiga tahap sebagai berikut : a) uji validasi dan rancangan modul, hasil yang diperoleh semua expert (100\%) menyatakan layak, b) uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa menyatakan modul sulaman bebas menarik sebagai media pembelajaran, c) uji coba kelompok besar sebanyak 31 siswa menunjukkan 15 siswa (48,88\%) dalam kategori sangat setuju, 15 siswa (48,97\%) dalam kategori setuju dan 1 siswa (2,15\%) dalam kategori kurang setuju. Secara keseluruhan modul sulaman bebas sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta.} }