relation: http://eprints.uny.ac.id/83016/ title: Refleksi Pemahaman Guru PJOK Se-Kecamatan Depok Terhadap Hakikat Pendidikan Jasmani creator: Rahmawati, Amalia subject: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi description: Pemahaman guru PJOK terhadap hakikat pendidikan jasmani erat kaitanya dengan bagaimana guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran jasmani di lapangan. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui refleksi pemahaman guru PJOK Se-Kecamatan Depok terhadap hakikat pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen penelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara guna memperoleh data hasil penelitian. Dengan total partisipan penelitian sebanyak 14 guru PJOK yang mengajar di Kecamatan Depok, Sleman. Hasil wawancara direkam dengan alat bantuan perekam suara dan kemudian di transkrip dalam bentuk teks untuk keperluan analisis data. Analisis data pada penelitian ini memanfaatkan aplikasi ALTAS.ti sebagai alat bantu untuk menganalisis data Hasil penelitian menyajikan deskripsi tekstual pemahaman guru PJOK terhadap hakikat pendidikan jasmani dimana sebagian guru PJOK memahami pendidikan jasmani sebagai pendidikan untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani pada peserta didik. Adapun guru PJOK yang memahami hakikat pendidikan jasmani merupakan pembelajaran gerak namun tidak terpaku pada pengembangan fisik jasmani peserta didik saja, melainkan aspek lain seperti afektif, kognitif serta pendidikan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan jasmani date: 2024-05-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/83016/1/fulltext_amalia%20rahmawati_20601241094.pdf identifier: Rahmawati, Amalia (2024) Refleksi Pemahaman Guru PJOK Se-Kecamatan Depok Terhadap Hakikat Pendidikan Jasmani. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.