TY - THES KW - model aktivitas fisik KW - permainan KW - keterampilan sosial KW - siswa Taman Kanak-Kanak ID - UNY83015 PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan A1 - Prayadi, Heri Yogo Y1 - 2024/06/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk 1) menyusun atau mengembangkan desain model aktivitas fisik berbasis permainan yang efektif dan efisien untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa TK, 2) menganalisis kelayakan model aktivitas fisik berbasis permainan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa TK, 3) menganalisis kepraktisan model aktivitas fisik berbasis permainan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa TK, 4) menguji keefektifan model aktivitas fisik berbasis permainan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa TK. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan Borg dan Gall. Sepuluh langkah tahapan R n D Model Borg and Gall adalah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi dan data penelitian awal untuk analisis kebutuhan, (2) perencanaan penelitian dan pengembangan produk, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal: uji coba skala terbatas dilakukan sebanyak 35 siswa (TK Putra Harapan di Sleman), (5) penyempurnaan produk awal, (6) uji coba lapangan luas: uji coba skala luas sebanyak 57 siswa (TK Putra Harapan sebanyak 35 siswa) dan (TK ABA Tlogoadi sebanyak 22 siswa). (7) penyempurnaan hasil ujicoba lapangan, (8) uji operasional lapangan atau uji efektivitas, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen kelayakan, instrumen kepraktisan, dan instrumen keefektifan model. Teknik analisis data yang digunakan yaitu anaisis validitas isi (aiken?s), analisis kelayakan dan kepraktisan (deskriptif kualitatif dan kuantitatif), serta analisis uji efektivitas (eksperimen). Penelitian dan pengembangan berhasil menyusun model aktivitas fisik berbasis permainan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa TK. Model aktivitas fisik yang dikembangkan layak, praktis dan efektif dalam pelaksanaannya. Model yang dikembangkan telah divalidasi kelayakan, kepraktisan dan teruji keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa TK. N1 - Promotor: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. Kopromotor: Prof. Dr. Guntur, M.Pd. UR - http://eprints.uny.ac.id/83015/ AV - public TI - Pengembangan Model Aktivitas Fisik Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak M1 - disertasi ER -