eprintid: 83009 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/30/09 datestamp: 2024-09-04 03:01:06 lastmod: 2024-09-04 03:01:06 status_changed: 2024-09-04 03:01:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulistyo, Bambang creators_name: Sofyan, Herminarto title: Model Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada Pendidikan Tinggi Vokasi. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: magang, merdeka belajar, model, pendidikan tinggi vokasi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap pelaksanaan model magang saat ini, (2) menghasilkan model magang Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), (3) menguji kelayakan model magang MBKM pada pendidikan tinggi vokasi, (4) menguji keefektifan model magang MBKM yang dikembangkan, dan (5) mengungkap respon dari mahasiswa, dosen, dan mentor industri terhadap pelaksanaan magang MBKM. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan pendidikan . Penelitian ini merupakan research and development dengan model pengembangan product & tool research tipe tool development & use menurut Richey & Klein dengan langkah pengembangan meliputi analysis, design, development, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di pendidikan tinggi vokasi dan dunia industri mulai Juli sampai dengan Desember 2020. Data dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis validitas isi dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, menggunakan bantuan program komputer. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model magang saat ini pada pendidikan tinggi vokasi melalui pendekatan production-based education and training, apprenticeship, cooperative educational placement, dan internships. (2) Model magang MBKM selama satu semester dengan blended learning dalam menjalankan tugas project nyata karya inovasi yang diberikan oleh perusahaan mendapatkan pengalaman belajar di luar program studi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi 4C (creativity, critical thinking, collaboration, communication) dan literasi digital. (3) Model magang MBKM yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran magang di pendidikan tinggi vokasi. (4) Keefektivan dari hasil rerata peningkatan skor atau rerata gain skor dalam meningkatkan pengetahuan sebesar sebesar 76,34%, meningkatkan sikap sebesar 73,93%, meningkatkan keterampilan sebesar 71,49%, meningkatkan kompetensi 4C sebesar 79,13%, dan meningkatkan kompetensi literasi digital sebesar 72,65. (5) Mahasiswa, dosen pembimbing, dan mentor dari industri menyatakan model magang MBKM dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar rerata 4,72; sangat setuju dengan adanya model magang MBKM, dengan nilai rata-rata 4,73; dan setuju dengan adanya model magang-MBKM diterapkan pada pendidikan tinggi vokasi, dengan nilai rata-rata 4,73. date: 2024-06-20 date_type: published institution: Sekolah Program Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: disertasi referencetext: Allison, M. & Kaye, J. (2005). Strategic planning for nonprofit oganization. New Jersey. John Wiley & Sons. Inc. Alan Brown, S. Kirpal, & F. Rauner. (2007). Identities at Work. Bonn: Springer Allen, Jeft M & Gregson, James A. (2005). Leadership in Career and Tecnical Education: Beginning the 21st Century.University Councel for Workforce and Human Resourche Education: UCWHRE Allen, I.E., Seamen, J. dan Garret, R. 2007. Blending in: The Extent and Promise of Blended Education in the United States. USA: The Sloan Consortium Anealka Aziz Hussin, “Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching,” International Journal of Education and Literacy Studies (2018). Ashburn, E. A. & Floden, R. E., (2006). Meaningful Learning Using Technology. NY: Teacher College. Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of documentation, 57(2), 218-259. Diakses pada tanggal 18 Febaruari 2018. https://arizona.openrepository.com/bitstream/handle/10150/105803/bawde n.pdf;jsessionid=AB74D57F437985EC8DF48D6343BC7B3A?sequence= 1. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. 2016. KKBI Daring. Online. Tersedia pada: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nul Bambang, S. (2019). Model Work Based Learning Pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Penelitian, Tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta Belshaw, D. A.J. (2011). What is digital literacy? A Pragmatic investigation, thesis. United Kingdom Cornell University. (2009). Berryman, Sue E.. Designing Effective Learning Environments: Cognitive Apprenticeship Model http://www.tc.columbia. edu/iee/BRIEFS/Brief01.htm. diakses tanggal 25 juli 2015. Amirudin, A., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2022). An Analysis of Critical Education Study on Independent Learning Campus Policy.Jurnal Basicedu, 6(2), 2777-2782. 271 Biggs, J. (2003). Teaching for Quality Learning at University Second edition. Buckingham: The Society for Research into Higher Education and Open University Press. Billet S. & Harteis C. The workplace as learning environment: Introduction. http://www.schools.nsw.edu.au/media/downloads/languagesupport/vetinsc hools/workplace-learning/indonesian.pdf.diakses tanggal 25 jumi 2015. Billet, Stephen. (2011). Vocational Education, purpose, tradition and prospect. New York. Springer Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research. New York & London: Longman. Boud D. Solomon N. (2001) Work Based Learning: Anew higher education. Buckingham, open university Press. --------------------------- (2003). Work - Based Learning. SRHE and Open University Press Buckingham Badan Pusat Statistik (BPS). 2023. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT): Badan Pusat Statistik Indonesia. Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach. New York: Springer. Brite, Jan. (2013). Arizona Work-Based Learning Resource Guide. West Jefferson: Lynne Bodman Hall Bracey, P. 2010. Self-directed learning vs. Self-regulated learning : twins or just friends. Departemen of learning technologies, college of information University of North Texas, e-learn world conference. Diaksespada tanggal 20 Februari 2018. www.learntechlib.org/d/35780 Buckingham, D. 2007. Digital Media Literacies: rethinking media education in the age of the Internet. Research in Comparative and International Education, Volume 2, Number 1, 2007, 43-55. Diakses pada tanggal 18 Februari 2018. http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.2304/rcie.2007.2.1.43 Budhirianto, S. (2016). Model Pemberdayaan Relawan TIK Dalam Meningkatkan E-Literasi Masyarakat di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 6(1), 19–36. https://doi.org/10.17933/ jppi.2016.060102 Chaeruman, U. A. 2007. Suatu Pendidikan Dengan Sistem Belajar Mandiri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (2): 7-37. 272 Chiarotto, L. (2011). Natural Curiosity, Building Children’s Understanding of the World through Environmental Inquiry. Oshawa: Miracle press Clarke, L., and Winch, C. 2007. Vocational Education: Internasional Approaches De-velopments, and System. New York: Rout-ledge Cuningham, Ian, Dawes, Graham & Bennet, Ben. (2004). The Handbook of Work Based Learning. USA: Gower Publishing Limited Commission, F. the E., & Unit, D. G. I. S. And M. M. L. (2009). Study on Assessment Criteria for Media Literacy Levels.Framework. Damayanti, Maria Nala; Yuwono, E. C. (2013). Avatar, Identitas dalam Cyberspace. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 15(1), 13–18. Davis, R., Maher, C., Noddings, N. (1990). Introduction: Constructivist views on the teaching and learning of mathematics. In R. Davis, C. Maher, & N. Noddings (Eds.) Constructivist views on the teaching and learning of mathematics (pp.7-18). Reston, Va: National Council of Teachers of Mathematics. Depdiknas. (2003). Undang-undang RI nomor 20, tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional. Davies, S. (2015). Spotlight on digital capabilities:http://digitalcapability.jiscinvolve.org/wp/2015/06/05/spotlight -on-digital-capabilities/, diakses tanggal 25 Pebruari 2018 Hyun, Dick and Carey. 1996. The Sistematic Design of Instruction. Fourth Edition: Harper Collins College Publisher. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (2010/2011), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Kajian Tentang Implikasi dan Strategi Implementasi KKNI, Jakarta. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. D. L., Joon, H. L. (2014). A Study on Type of Smart city GridPipeline System (multi waterloop system) and Application Method. .International Journal of Control and Automation (IJCA) Juliana, K. (2016). Defrizal, Redaputri, A.P., Narundana, V. T., Nurdiawansyah, & Dharmawan, Y.Y. (2022). Institutional Model Design for the Implementation of the Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Merdeka Learning ProgramMerdeka Campus or MBKM).Studies in Learning and Teaching.25-28 273 Dobson, G. (2003). A Guide to Writing Competency Based Training Materials. Commonwealth of Australia Published by National Volunteer Skills Centre, First Published October 2003. Diakses dari https://www.k4health.org/sites/default/files/Guide%20to%20Writing%20 Competency%20Based%20Training%20Materials.pdf pada tanggal 23 April 2018, pukul 10.00 WIB Edward V.W & Andrew D.A. 1976. Modern School Shop Planning Seventh Edition, Michigan: Prakken Pub,inc Eshet-Alkalai Y. 2004. Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital Era. Journal: Journal of Educational Multimedia and Hypermedia (2004) 13(1),93-106. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018. https://www.openu.ac.il/personal_sites/download/Digital-literacy2004- JEMH.pdf Esin (2014). Evaluasi Program Praktik Industri Mahasiswa Program Studi Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Berdasarkan Model CIPP. Jurnal. Teknologi Dan Kejuruan, Vol. 37, No. 1, Pebruari 2014:49-64universitas Negeri Malang Etistika Yuni (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Volume 1 Tahun 2016 – ISSN 2528- 259X. Diakses pada tanggal 06 Januari 2020. Downloads\Documents\263- 278 TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21 SEBAGAI TUNTUTAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA GLOBAL_2.pdf Evanciew, C. E., & Rojeski, D. W. (1999). Skill and knowledge acquisition in the workplace : A case study of mentor-apprentice relationships in youth appren- ticeship programs. Journal of Industrial Teacher Education, 36(2), 24-54. Fakultas T eknik, Pedoman Praktik Industri. (2019). Y ogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Fallow, S., & Weller, G. (2000). Transition from student to employee : a work- based program for ―graduate apprentices‖ in small to medium enterprises. Journal of Vocational and Education Training, 52(4), 665- 685. Finch, Curtis R. & Crunkilton, John R. (1999). Curriculum development in vocational and technical education. planning, content, and implementation. Sidney: Allyn and Bacon Inc. 274 Firdausi, A & Barnawi (2011). Profil Guru SMK Profesional.Yogyakarta: Ar- Ruzz Media Fisk, Peter. “Education 4.0 ... the Future of Learning Will Be Dramatically Different, in School and throughout Life.” Last modified 2017. Accessed May 11, 2019. http://www.thegeniusworks.com/2017/01/ future-education-young- everyone-taught- together/ Gilster. (1997). Digital literacy. New York: Wiley. Gunadi. (2019). Model Internship Dalam Penyiapan Sarjana Pendidikan Teknik Otomotif. Disertasi, Tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Hadiwaratama (2010), S2 Terapan dan Diploma. Makalah untuk Tim Task Force S2- Terapan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Hake, Richard R. (1999). Analyzing change/gain scores. Indiana University. Woodland. Hamalik, Oemar. (2003). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. -------------------. (2005). Manajemen Kepelatihan Ketenaga kerjaan. Bandung: Citra Aditya Bakti. Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hafner, Christoph, Alice Chik, & Rodney H. Jones. 2015. Digital Literacies and language learning. Journal: Language Learning & Technology. October 2015, Volume 19, Number 3. Diakses tanggal 2 April 2018. http://llt.msu.edu/issues/october2015/commentary.pdf Hase, S. & Kenyon, C. (2001). From andragogy to heutagogy. psy.gla.ac.uk. Hasugian, J. (2008). Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Pustaka: Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 34–44. Heru Subroto. (2004). Kinerja unit produksi SMK Negeri kelompok Teknologi dan Industri di Jawa Tengah. Tesis. Program Pascasarjana UNY. (Tidak diterbitkan). Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2016). Design principles for industry 4.0 scenarios. Presented at the 49th Hawaiian International Conference on Systems Science. 275 Hiemstra, R. (1994). Self Directed learning. Diakses pada tanggal 10 Februari 2018 dari: ccnmtl.columbia.edu/projects/pl3p/Self- Directed%20Learning.pdf Himawan cahyokusumo. 2007. Usaha Peningkatan Pelayanan Jasa Air Minum (Studi Tentang Optimalisasi Pelayanan Terhadap Konsumen Di Perusahaan daerah Air Minum Kabupaten sidoarjo). Skripsi. Undip. Horne, T. (2013). Work based learning resource guide: a guide for connecting career and technical education to the workplace. Wes Jefferson: Arizona Department of Education. House, J. D. (2002). The independent effect of student characteristics and instructional activities on achievement : An application of the input- environtment-outcome assessment model. International Journal of Instructional Media. 29(2), 225-235. http://www.kemenperin.go.id/artikel/17395, Industri otomotif bidik Indonesia jadi pusat inovasi. Diunduh pada 24 Juni 2018 pada pukul 10.15 WIB. http://www.kemenperin.go.id/artikel/17565/empat-strategi-indonesia-masuk- revolusi-industri-ke-empat, Empat Strategi Indonesia Masuk Revolusi Industri Keempat. Diunduh pada 13 Juni 2018 pada pukul 12.35 WIB. https://www.gaikindo.or.id/industri-otomotif-bidik-indonesia-jadi-pusat-inovasi/, Industri Otomotif Bidik Indonesia Jadi Pusat Inovasi. Diunduh pada 19 Juni 2018 pada pukul 14.25 WIB. https://www.merdeka.com/uang/jumlah-wirausaha-indonesia-jauh-di-bawah- malaysia-dan-thailand.html. Diunduh pada 20 Mei 2024 pada pukul 03.25 WIB. Hyland, N & Kranzow, J. 2011. Faculty And Student Views Of Using Digital Tools To Enhance Self-Directed Learning And Critical Thinking.International Journal of Self-Directed Learning Volume 8, Number 2, Diakses pada tanggal 20 Februari 2018 dari: sdlglobal.com/IJSDL/IJSDL8.2.pdf Indiana Department of Education. (2008). Internship Manual (Guidelines and Procedures of Indiana Internship Programs). Indianapolis: Office of Career and Technical Education) Jasmine, S. J., Almahendra, R., Budiane, S. J. P., & Hidayatullah, F. (2023). Effect of Career Doubts on Goal Progress Mediated by Coping 276 Mechanism. Asian Journal of Research in Business and Management, 5(1), 23-31. JISC. (2017). Developing digital literacies. Jisc. Joint Quality Initiative (JQI, 2004). Dubin descriptors for Short Cycle, First Cycle, Second Cycle and Third Cycle Awards Draft 1 working document on JQI meeting in Dublin on 18 October 2004. Jordana, T. A. & Suwarto, D. H. (2017) Pemetaan gerakan literasi digital di lingkup Universitas Negeri Yogyakarta. Informasi, 47(2), 167-180. Kagermann, H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. (2013). Final report: Recommendations for implementing the strategic initiative INDUSTRIE 4.0. Industrie 4.0 Working Group. Kelly, A.Vic. 2009. The Curriculum: Theory and Practice (6Th Edition). New Delhi: Sage Publication Ltd. Kuswana, Wowo Sunaryo. (2013). Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta Lambing, P.A. & Kuchl, C.R. (2003). Enteprneurship. CA: Prentice Hall. Lase, Delipiter. 2019. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sudermann. Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., & Kao, H. (2013). Recent advances and trends in predictive manufacturing systems in big data environment. Manuf. Lett. 1(1), 38–41. Lee, E. & Hannafin, M. J. (2016). A design framework for enhancing engagement in student-centered learning: own it, learn it. Education Tech Research Dev. DOI 10.1007/s11423-015-9422-5 Lynch, R. L. (2000). High school career and technical education for the first decade of the 21st century. Journal of Vocational Education Research, 25(2), 63-72. Kurniawati, A., Fitri, M. R., Saputra, D., & Firdaus, R. (2023). The The Implementation of The Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Internship Program in Sociology Study Program, Faculty Of Social Sciences, State University Of Jakarta.JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 9(2), 114-119. Krisna Sujaya. (2023). Research Support and Industry Participation to Increase the Global Competence in Higher Education. Sosyal Bilgiler Eğitimi Araştırmaları Dergisi. 350-378 277 Martin, Allan. (2008). Digital Literacy and the ‘Digital Society’ dalam Lankshear, C and Knobel, M (ed). Digital literacies: concepts, policies and practices. Die Deutsche Bibliothek Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259– 1268. doi:10.1119/1.1514215 Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2016). Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015, Desember 28). Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia. (2020). Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675-685. 278 Merkel, A. (2014). Speech by Federal Chancellor Angela Merkel to the OECD Conference.https://www.bundesregierung.de/Content/EN/Reden/2014/201 4-02-19-oecd-merkel-paris_en.html, Diakses pada 11 Maret 2017. Mohammadyari, S., & Singh, H. (2015). Computers & Education Understanding the effect of e-learning on individual performance : The role of digital literacy. Computers & Education. Sense, A. C. (2009). Digital Literacy and Citizenship in the 21st Century. San Francisco: Common Sense Media. Miller, M.D. (1985). Principles and philosophy for Vocational Education.Columbus, Ohio: The National Center for research in Vocational Education. Moerdiyanto. (2009). Pedoman praktik kewirausahaan untuk lembaga pendidikan. Direktorat Tenaga kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Muflihin, M. H., & Warsito, C. (2024). Independent Learning Policy for Quality Strategic Educational Management Using IT Skills: A Case of Merdeka Campus (MBKM) Program in Indonesia. Calitatea, 25(198), 351-360. Muhmidayeli, M. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E.. (2009). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Rosda. Murphy, Patricia & McCormick, Robert. (2008). Knowledge an practice, representations and identities. United Kingdom Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurfuadi. (2012). Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press. Pavlova, M. (2009). Technology and Vocational Education for Sustainable Developmen, Empowering Individuals for The Future. Bonn; Springer Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Sekretariat Negara Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor :2/BNSP/III/2014 Tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (202). Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi. 279 Pratama, Wegig. (2016). Link And Match Dunia Kerja dan Pendidikan Kejuruan untuk Menjawab Tantangan MEA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif. Pendidikan Teknik Otomotif, FKIP Universitas Negeri Yogyakarta Prosser, C.A. & Ouigley, T.H. (1950). Vocational education in a democracy (revised edition). Chicago, USA. CA: American technical society. Pane, Welli Bernov. (2010). Faktor-Faktor Penghambat Yang Dialami Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK UPI Dalam Pelaksanaan Praktek Industri. S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia Presiden Republik Indonesia. (2012, Januari 17). Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8. Jakarta, DKI, Indonesia: Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Presiden Republik Indonesia. (2012, Agustus 10). Tentang Pendidikan Tinggi. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12. Jakarta, DKI, Indonesia: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Purwanti Widhy H. (2013). Integrative Science untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam Pembelajaran IPA SMP. Makalah Seminar Nasional MIPA 2013UNY PutuSudira. (2016). TVET ABAD XXI Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY Press. Rachman, A., Setiawan, M. A., & Putro, H. Y. S. (2022). The implementation of independent learning-independent campus in the Guidance and Counseling study program. Bisma The Journal of Counseling, 6(1), 56-65. Rahmah, S. A., & Syahputra, E. R. (2022). The Development of E-Magang System for Independent Learning-Independent Campus Program in Universitas Dharmawangsa.Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 3(2), 304-310. Rachman, A., Setiawan, M. A., & Putro, H. Y. S. (2022). The implementation of independent learning-independent campus in the Guidance and Counseling study program. Bisma The Journal of Counseling, 6(1), 56-65. Ralph Catt, Ian Falk & Ruth Wallace. (2011). Vocatianal Learning Innovative Theory and Paractice. Bonn: Springer 280 Rasywir dan Purwarianti, 2015. Eksperimen pada Sistem Klasifikasi Berita Hoax Berbahasa Indonesia Berbasis Pembelajaran Mesin. Journal: Cybermatika Vol. 3 No. 2 Desember 2015. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018. http://cybermatika.stei.itb.ac.id/ojs/index.php/cybermatika/article/view/13 3/65 Rentzos, L., Doukas, M., Mavrikios, D., Mourtzis, D., & Chryssolouris, G. (2014). Integrating Manufacturing Education with Industrial Practice using Teaching Factory Paradigm : A Construction Equipment Application. Procedia CIRP, 17, 189–194. https://doi.org/10.1016/j.procir.2014.01.126 Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Rhenald Kasali, et al. (2010). Modul kewirausahaan untuk program strata 1. Jakarta selatan: Hikmah. Rezin, A. A., & McCalin, N. L. (2001). Comparing the impact of traditional and cooperative apprenticeship programs on graduates’ industri succes. Journal of Career and Technical Education, 18, Number 1 Fall. Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90–96. Richey, R.C., & Klein, J.D. (2007). Design and development research. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Richey, R. C., Klein, J.D., & Nelson, W. A. (2004). Developmental research: Studies of Instructional Design and Development. Handbook of Research for Educational Communications and Technology. 2. 109-130. Riding, Richard & Rayner, Stephen. (2002). Cognitive styles and learning strategies understanding style differences in learning and behaviour. London: David Fulton Publisher. Riza, Farid M. 2013. Analisis Faktor Penghambat Pelaksanaan Praktek Industri Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin, Lembaga Pendidikan 281 Universitas Negeri Malang, dan Industri. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang Rochmadi, S. (2016). Industry Partnerships Learning Models For Surveying And Mapping Of Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY, 212. Rupert Maclean & David N. Wilson (2009) International Handbook of Education for the Changing World of Work. Bonn: Springer Rogers, C., & Freiberg, H. J. (1994). Freedom to learn (3rd Ed.). New York: Macmillan Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1). DOI: 10.1037//0003_066X.55.1.86 Sa’dullah,Uyoh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Al Fabeta, 2003 Saefudin, I. H. (2010). Alternative Approach to deliver Competence Higher Skills Technicians from Diploma Program in Indonesian Higher Educations toward Global Competition. Technical and Vocational Education and Training (pp. 73-81). Bandung: Proceedings of the 1stUPI International Conference. Sanjaya, Wina. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Sanjaya,Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group. Santosa, Budi. (2014). Pengembangan Model Uji Kompetensi Terpadu di Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Otomotif. Disertasi, Tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan Fakultas Ekonomi UNNES.Diakses pada tanggal 18 Februari 2018 dari : journal.unnes.ac.id Sharpe, R., Benfield, G., Roberts, G., Francis, R. (2006). The undergraduate experience of blended learning: A review of UK literature and research. The Higher Education Academy. Diunduh 24 Oktober 2009 dari http://www.heacademy.ac.uk/4884.htm. 282 Smith, E. (2002). Theory and practice : the contribution of off-the-job training to the development of apprenticeship and trainee. Journal of Vocational and Education Training, 54(3), 431-456. Sobri, A. Y., Voak, A., Fairman, B., & Wonorahardjo, S. (2023). Engaging with industry through internships in order to acquire the skills, knowledge and attitudes for the world of work: The Indonesian student experience. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(9). Stringer, M. (1998). Students’ evaluations of teaching effectiveness : A structural modeling approach. British Journal of Education Psychology, 68(3), 409- 418. Sudira, Putu. (2013). Praksis Pendidikan Kejuruan Indonesia Diantara Mazab John Dewey dan Charles Prosser. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasi 2013. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta. UNY Press Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alafabeta Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya Suprihatiningrum, Jamil. (2012). Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi: Ar- Ruz Media: Yogyakarta Susilo, M. Joko. (2006). Gaya belajar menjadikan makin pintar.Yogyakarta: Pinus Suardana, I Kade. 2012. Implementasi model belajar mandiri untuk Meningkatkan aktivitas, hasil, dan Kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, Nomor 1, April 2012, hlm.56-65. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018. file:///C:/Users/Haliq/Downloads/1785-3235-1- SM%20(2).pdf Supraptono, E., Arief, U. M., Ananta, H., Harlanu, M., & Nashiro, P. K. (2022). Syncronization of Certified Intenship Program in the Implementation of Merdeka Belajar and Kurikulum Merdeka.Journal of Vocational and Career Education, 7(2). Susanti, N., Ronando, E., Basyarach, N. A., Sulistyawati, D. H., & Widiasih, W. (2022). Analysis of the effect of the MBKM Internship Program and Certified Independent Study (MSIB) on university performance Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Technium Soc. Sci. J., 27, 579. 283 Sunarto. 2008. Kemandirian belajar. Diakses pada tanggal 18 Februari 2018. http://banjarnegarambs.wordpress.com/kemandirianbelajar-siswa/. Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making existing production systems Industry 4.0-ready. Production Engineering, Vol. 9, Issue.1, pp.143-148. Simon, Roodhouse. (2005). Work-Based Learning into Higher Education, A report by the University Vocational Awards Council. Lyn Brennan Summey, Dustin C. (2013). Developing Digital Literacies: A Framework for Professional Learning. Amerika Serikat: Corwin Press. Suwardana, H. (2018). Revolusi industri 4.0 berbasis revolusi mental. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(2), 102-110. Stefani, S. N. B. (2017). Literasi Digital dan Pembukaan Diri: Studi Korelasi Penggunaan Media Sosial Pada Pelajar Remaja di Kota Medan. Sosioglobal, Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi,2(1), 10–31. Sweitzer, H.F. & King, M.A. (2013). The successful internship: personal, profesional, and civic development in experiental learning. Fourth edition. USA: Chengage Learning. Thobroni, M. & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Sleman: Ar-Ruzz Media. Thomson, John F. (1973). Foundation of Vocational Education. New Jersey : Prentice-Hall Inc. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, strategi dan impelementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara Trilling, Bernie & Fadel, Charles. (2009). 21st Century Skills Learning for life in our Times. John willey & sons, inc. Talumewo, V., Tumbel, G., & Tarore, S. (2023). Implementation of The Independent Learning-Independent Campus Policy at Universitas Negeri Manado. Technium Soc. Sci. J., 46, 10. 284 Trilling, Bernie and Hood, Paul. 1999. Learning, Technology, and Education Reform In The Knowledge Age, (Online), (https://www.wested.org/online_pubs/ learning_technology.pdf.), diakses tanggal 11 Mei 2016 Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2016 tentang Ketenagakerjaan. Sistem Standardisasi Kerja Nasional, Jakarta: Sekretariat Negara. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No.78. Jakarta: Sekretariat Negara. UNDP. (2018). Human development indices and indicators. New York: United Nations Development Programme. UNESCO.2005. Education for All : Literacy for Life. diakses pada tanggal 8 Februari 2018 http://www.uis.unesco.org/Library/Documents/gmr06- en.pdf. Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan sumberdaya manusia, melalui sekolah menengah kejuruan (SMK). Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset Wibawa, Basuki. (2005). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Manajemen dan implementasinya di Era Global. Surabaya : Kertajaya Duta Media Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Wheeler, S. (2012). Digital Literacies For Engagement In Emerging Online Cultures. eLC Research Paper Series, 5, 14-25. Wright, B. (2015). Top 10 Benefits of Digital Skills: http://webpercent.com/top-10-benefits-of-digital-skills/, diakses tanggal 5 Pebruari 2018. Wheeler, S. (2012). Digital literacies for engagement in emerging online cultures. eLC Research Paper Series ______ Artikel ini telah tayang di Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JPP) dengan judul Pemerintah Terapkan Strategi Hadapi Perubahan Era Revolusi Industry 4.0. https://jpp.go.id/ekonomi/industri/318942-pemerintah- terapkan-strategi-hadapi-perubahan-era-revolusi-industry-4-0 ______2014. Kurikulum Prodi Teknik Otomotif (D3) FT UNY ______2020. Peraturan Rektor UNY No. 5 tahun 2020 tentang Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. UNY 285 Yuni, T. W., Sailah, I., & Pandjaitan, N. (2023). Independent Learning- Independent Campus (MBKM) Policy: Perceptions and Attitudes of Private Universities. International Journal of Research and Review, 10(1), 269-276. Zulharman. 2008. Self-Directed Learning. online. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018. http://zulharman79.word press.com/2008/05/14/self- directed-learning-sdl-atau-belajar-mandiri.htm Wang, M., & Kang, M., (2006). Cybergogy for Engaged Learning: A Framework for Creating Learner Engagement through Information and Communication Technology. DOI: 10.1007/1-4020-3669-8_11 Wardani, L.M.I.; Fatimah, S. Kompetensi Pekerja dan Efeknya Terhadap Work Engagement Riset pada Pekerja dengan Horizontal Education Mismatch. J. Psikol. Sos. 2020, 18, 73–85, doi10.7454jps.2020.09. Woltering, V., Herrler, A., Spitzer, K., Spreckelsen, C. (2009). Blended learning positively affects students’ satisfaction and the role of the tutor in problem- based learning process : results of a mixed method evaluation. Adv in Health Sci Educ, 14, 725-738. Work-based learning guide 2002. Diakses pada tanggal 24 Juni 2010, dari : http://www.iowaworkforce.org/files/wlg02.pdf World Economic Forum. (2020). WEF - The global risks report 2020. In World Economic Forum, Davos. citation: Sulistyo, Bambang and Sofyan, Herminarto (2024) Model Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada Pendidikan Tinggi Vokasi. S3 thesis, Sekolah Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/83009/1/disertasi_bambang%20sulistyo_17702264006.pdf