TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/83009/ M1 - disertasi ID - UNY83009 KW - magang KW - merdeka belajar KW - model KW - pendidikan tinggi vokasi AV - restricted TI - Model Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada Pendidikan Tinggi Vokasi. A1 - Sulistyo, Bambang A1 - Sofyan, Herminarto PB - Sekolah Program Pascasarjana N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap pelaksanaan model magang saat ini, (2) menghasilkan model magang Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), (3) menguji kelayakan model magang MBKM pada pendidikan tinggi vokasi, (4) menguji keefektifan model magang MBKM yang dikembangkan, dan (5) mengungkap respon dari mahasiswa, dosen, dan mentor industri terhadap pelaksanaan magang MBKM. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan pendidikan . Penelitian ini merupakan research and development dengan model pengembangan product & tool research tipe tool development & use menurut Richey & Klein dengan langkah pengembangan meliputi analysis, design, development, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di pendidikan tinggi vokasi dan dunia industri mulai Juli sampai dengan Desember 2020. Data dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis validitas isi dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, menggunakan bantuan program komputer. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model magang saat ini pada pendidikan tinggi vokasi melalui pendekatan production-based education and training, apprenticeship, cooperative educational placement, dan internships. (2) Model magang MBKM selama satu semester dengan blended learning dalam menjalankan tugas project nyata karya inovasi yang diberikan oleh perusahaan mendapatkan pengalaman belajar di luar program studi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi 4C (creativity, critical thinking, collaboration, communication) dan literasi digital. (3) Model magang MBKM yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran magang di pendidikan tinggi vokasi. (4) Keefektivan dari hasil rerata peningkatan skor atau rerata gain skor dalam meningkatkan pengetahuan sebesar sebesar 76,34%, meningkatkan sikap sebesar 73,93%, meningkatkan keterampilan sebesar 71,49%, meningkatkan kompetensi 4C sebesar 79,13%, dan meningkatkan kompetensi literasi digital sebesar 72,65. (5) Mahasiswa, dosen pembimbing, dan mentor dari industri menyatakan model magang MBKM dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar rerata 4,72; sangat setuju dengan adanya model magang MBKM, dengan nilai rata-rata 4,73; dan setuju dengan adanya model magang-MBKM diterapkan pada pendidikan tinggi vokasi, dengan nilai rata-rata 4,73. Y1 - 2024/06/20/ ER -