%T Tingkat Kesiapsiagaan Fisik dan Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Atas %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %D 2024 %O Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. %K kesiapsiagaan fisik, kesiapsiagaan sosial, peserta didik kelas atas %A Dyahlita Nur Riastiningsih %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui tingkat kesiapsiagaan fisik peserta didik sekolah dasar kelas atas. (2) Mengetahui tingkat kesiapsiagaan pada sosial peserta didik sekolah dasar kelas atas. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik sekolah dasar kelas atas yaitu 4, 5, 6 di SD Negeri Krapyak 1 dan SD Negeri Vidya Qasana yang berjumlah 154 peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 154 responden yang sama dengan jumlah populasi yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik kelas atas ini adalah kuesioner kesiapsiagaan fisik dan sosial. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dengan nilai reliabilitas pada kesiapsiagaan fisik 0,794 dan kesiapsiagaan sosial 0,712. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Tingkat kesiapsiagaan fisik peserta didik sekolah dasar kelas atas “Bervariasi” yaitu dengan rincian sebagai berikut: kategori “Sangat Tinggi” pada 10 peserta didik dengan persentase 6,5%; kategori “Tinggi” pada 42 peserta didik dengan persentase 27,3%; kategori “Sedang” pada 52 peserta didik dengan persentase 33,8%; kategori “Rendah” pada 39 peserta didik dengan persentase 25,3%; kategori “Sangat rendah” pada 11 peserta didik dengan persentase 7,1%. 2) Tingkat kesiapsiagaan sosial peserta didik sekolah dasar kelas atas “Bervariasi” dengan rincian sebagai berikut: Kategori “Sangat Tinggi” pada 7 peserta didik dengan presentase 4,5%; kategori “Tinggi” pada 41 peserta didik dengan persentase 26,6%; kategori “Sedang” pada 59 peserta didik dengan persentase 38,3%; kategori “Rendah” pada 34 peserta didik dengan persentase 22,1%; kategori “Sangat Rendah” pada 13 peserta didik dengan persentase 8,5%. %L UNY83007