%0 Thesis %9 S2 %A Ardzi, Muhammad Zaid Al %A Dr. Yudanto, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani %D 2024 %F UNY:82973 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K aktivitas jasmani, permainan sirkuit, keterampilan gerak dasar manipulatif, sikap sosial %T Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Sirkuit Untuk Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif dan Sikap Sosial Peserta didik Kelas Bawah di Sekolah Dasar %U http://eprints.uny.ac.id/82973/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan model aktivitas jasmani melalui permainan sirkuit yang dikemas dalam bentuk buku panduan dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar manipulatif dan sikap sosial peserta didik kelas bawah di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall yang meliputi sepuluh tahapan, yaitu pengumpulan informasi,analisis informasi, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba awal (uji coba produk kelompok kecil), revisi produk awal, uji coba lapangan utama (uji coba kelompok besar), uji coba produk operasional (uji efektivitas), pembuatan produk akhir serta desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas bawah di tiga sekolah, yaitu MIM Taskombang, MIM Ahmad Dahlan, MIM Basin. Uji coba yang dilakukan meliputi dua tahapan yaitu uji coba skala kecil yang dilakukan terhadap 10 peserta didik dan uji coba skala besar yang dilakukan 20 peserta didik serta pada tahap uji efektivitas dilakukan dengan 12 peserta didik. Hasil penelitian dari ahli materi dan praktisi menggunakan indek validitas VAiken dan didapatkan hasil 0.886, dengan hasil tersebut menunjukan bahwa pengembangan model aktivitas jasmani melalui permainan sirkuit yang dikembangkan peneliti adalah reliabel. Hasil ujicoba skala kecil pada keterampilan gerak dasar manipulatif 15,33 dengan hasil tersebut termasuk dalam kategori “Tinggi” dan untuk sikap sosial peserta didik pada skala kecil memperoleh hasil 3,24 dengan kategori “Baik”. Hasil uji coba skala besar diperoleh hasil keterampilan gerak dasar manipulatif 15,50 dengan hasil tersebut termasuk dalam kategori „Tinggi” dan untuk sikap sosial peserta didik pada ujicoba skala besar memperoleh hasil 3,40 dengan kategori “Baik”. Hasil uji efektvitas dihitung menggunakan paired sample t test didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi gerak dasar manipulatif peserta didik 0,017 dan untuk nilai signifikansi pada sikap sosial peserta didik 0,00. Dari masing-masing nilai signifikansi tersebut karena mendapatkan hasil dibawah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikansi dari pengembangan model aktivitas jasmani melalui permainan sirkuit peserta didik kelas bawah di sekolah dasar.. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.