eprintid: 82972 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/29/72 datestamp: 2024-08-27 03:09:56 lastmod: 2024-08-27 03:09:56 status_changed: 2024-08-27 03:09:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Febri Ayu Pilang corp_creators: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. title: Perspektif Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Pembelajaran Permainan Tradisional di SMP Negeri Se-Kota Madiun ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pjkr full_text_status: public keywords: perspektif guru, permainan tradisional, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. note: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam pembelajaran permainan tradisional di SMP Negeri se-Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif di beberapa SMP Negeri di Kota Madiun pada Februari–Maret 2024. Partisipan terdiri dari 6 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Data primer diperoleh dari wawancara, sedangkan data sekunder dari dokumentasi seperti silabus atau capaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi. Proses analisis data mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran permainan tradisional dapat dijadikan alternatif saat materi PJOK mengalami keterbatasan. Permainan tradisional dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam aktivitas fisik serta meningkatkan motorik dan kepekaan sosial siswa; (2) Kendala pembelajaran permainan tradisional berasal dari faktor siswa, faktor sarpras dan faktor waktu; (3) Sarana dan prasarana yang terbatas mempengaruhi proses pembelajaran permainan tradisional. Sehingga, guru harus solutif untuk memodifikasi sarana dan prasarana; (4) Perspektif guru terhadap permainan tradisional berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai moral dan budaya pada siswa. Penanaman nilai karakter perlu diprogramkan secara nyata oleh guru dalam rancangan pembelajaran untuk membantu dalam pembentukan keterampilan emosional siswa. date: 2024-05-30 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi thesis_type: skripsi citation: Putri, Febri Ayu Pilang (2024) Perspektif Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Pembelajaran Permainan Tradisional di SMP Negeri Se-Kota Madiun. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82972/1/fulltext_febri%20ayu%20pilang%20putri_20601244143.pdf