TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/82905/ AV - public TI - Hubungan Gangguan Media Sosial Dengan Aktivitas Fisik Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Ambarukmo Kapanewon Depok Kabupaten Sleman DIY M1 - skripsi PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan A1 - Hidayat, Putri Asmara Widiya Y1 - 2024/05/15/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara gangguan media sosial dengan aktivitas fisik peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo Kapanewon Depok Kabupaten Sleman DIY. Penelitian ini adalah penelitian korelasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik dalam pengambilan data menggunakan Total Sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner Social Media Disorder Scale-5 (SDM Scale-5) yang dikembangkan oleh Regina (2016, p. 483) dan The Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) yang dikembangkan oleh Kowalski (2004, pp. 6-7). Terdapat dua variabel bebas yaitu variabel 1 gangguan media sosial dan variabel 2 aktivitas fisik. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian hubungan gangguan media sosial peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo menunjukkan nilai korelasi antara gangguan media sosial terhadap aktivitas fisik sebesar 0,000. Koefisien korelasi pearson yang diperoleh bernilai negatif, dan berdasarkan pengujian hipotesis hubungan keduanya signifikan. N1 - Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or. KW - gangguan media sosial KW - aktivitas fisik KW - peserta didik kelas V ID - UNY82905 ER -