%0 Thesis %9 S1 %A Hidayat, Putri Asmara Widiya %A Nur Sita Utami, M.Or., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:82905 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K gangguan media sosial, aktivitas fisik, peserta didik kelas V %T Hubungan Gangguan Media Sosial Dengan Aktivitas Fisik Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Ambarukmo Kapanewon Depok Kabupaten Sleman DIY %U http://eprints.uny.ac.id/82905/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara gangguan media sosial dengan aktivitas fisik peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo Kapanewon Depok Kabupaten Sleman DIY. Penelitian ini adalah penelitian korelasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik dalam pengambilan data menggunakan Total Sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner Social Media Disorder Scale-5 (SDM Scale-5) yang dikembangkan oleh Regina (2016, p. 483) dan The Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) yang dikembangkan oleh Kowalski (2004, pp. 6-7). Terdapat dua variabel bebas yaitu variabel 1 gangguan media sosial dan variabel 2 aktivitas fisik. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian hubungan gangguan media sosial peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo menunjukkan nilai korelasi antara gangguan media sosial terhadap aktivitas fisik sebesar 0,000. Koefisien korelasi pearson yang diperoleh bernilai negatif, dan berdasarkan pengujian hipotesis hubungan keduanya signifikan. %Z Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.