<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Media Pembelajaran Teknik Dasar dan Pattern Permainan Softball Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa"^^ . "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Menghasilkan model media pembelajaran teknik dasar dan pattern permainan softball berbasis mobile learning berupa aplikasi, 2) Mengetahui kelayakan produk model media pembelajaran teknik dasar dan pattern permainan softball berbasis mobile learning, 3) Mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi yang dikembangkan terhadap hasil belajar mahasiswa.\r\nPengembangan dalam penelitian ini mengadopsi model pengembangan milik Branch (2009) yaitu ADDIE yang digunakan dalam prosedur pengembangan materi yang kemudian dikombinasikan dengan model pengembangan milik Pressman (2010) yaitu\r\nWaterfall yang digunakan dalam prosedur pengembangan perangkat lunak. Tahap pada\r\npengembangan ADDIE terdiri dari analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi evaluation).\r\nTahap pengembangan pada model Waterfall terdiri dari komunikasi (communication),\r\nperencanaan (planning), pemodelan (modeling), kontruksi (contruction), dan penyebaran (deployment). Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Pada uji skala kecil terdiri dari 39 orang, uji skala besar 62 orang, dan uji efektivitas 56 orang. Analisis data untuk melakukan uji validitas isi menggunakan rumus korelasi product moment pearson, uji reliabilitas menggunakan metode alpha cronbanch, serta uji efektivitas menggunakan uji paired sample t-test. Sebelum melakukan uji efektivitas perlu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Telah dihasilkan produk model media pembelajaran teknik dasar dan pattern permainan softball berbasis mobile learning berupa aplikasi, 2) Tingkat kelayakan produk berdasarkan penilaian dari ahli materi mendapat kategori “Sangat Layak”, penilaian berdasarkan ahli media mendapat kategori “Sangat Layak”, berdasarkan uji skala kecil mendapat kategori “Sangat Layak”, serta pada uji skala besar mendapat kategori “Sangat Layak”, 3) Uji efektivitas berdasarkan perhitungan uji paired sample t-test didapatkan hasil nilai t-hitung sebesar -28,84 > 2,004 dengan probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka HO ditolak. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan aplikasi terhadap hasil belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut efektif untuk digunakan dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar."^^ . "2024-04-26" . . . "Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan"^^ . . . "Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan"^^ . . . . . . . . . "Povian Yona"^^ . "Mahatmasari"^^ . "Povian Yona Mahatmasari"^^ . . "Dr. Bernadeta Suhartini, M.Kes."^^ . . . . . . . "Pengembangan Model Media Pembelajaran Teknik Dasar dan Pattern Permainan Softball Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa (Text)"^^ . . . "fulltext_povian yona mahatmasari_20711251025.pdf"^^ . . "HTML Summary of #82903 \n\nPengembangan Model Media Pembelajaran Teknik Dasar dan Pattern Permainan Softball Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa\n\n" . "text/html" . . . "Olahraga" . .