<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pembelajaran Adaptif dengan Media Augmented Reality untuk\r\nMengembangkan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK Berbasis Pesantren."^^ . "Kemampuan berpikir kritis dan kreativitas adalah keterampilan esensial\r\ndalam menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, metode pembelajaran\r\nkonvensional sering kali menghambat perkembangan keterampilan ini. Dalam\r\nkonteks pesantren, nilai-nilai pendidikan tradisional dapat diintegrasikan dengan\r\nteknologi modern untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang adaptif dan\r\ninteraktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan inovasi\r\npembelajaran adaptif menggunakan media interaktif augmented reality (AR)\r\ndalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada siswa\r\nsekolah menengah kejuruan (SMK) dengan pendekatan berbasis pesantren.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan mixed method kualitatif dan\r\nkuantitatif. Pengembangan media menggunakan model ADDIE (analysis, design,\r\ndevelopment, implementation, evaluation) dengan pendekatan Multimedia\r\nDevelopment Life Cycle. Tempat penelitian di SMK AR-Rahman Bantul, SMK\r\nAl-Munawwir Yogyakarta, dan SMK Smart Al-Muhsin Yogyakarta. Subjek\r\npenelitian terdiri dari guru, calon guru, dan siswa SMK berbasis pesantren.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes serta\r\nmelalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan system usability\r\nscale dan user experience questionnaire.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi pembelajaran\r\nadaptif dengan media interaktif AR efektif dalam meningkatkan kemampuan\r\nberpikir kritis dan kreativitas siswa SMK. Dalam kelompok eksperimen, terdapat\r\npeningkatan dalam kemampuan menganalisis, mengevaluasi informasi, dan\r\nmenghasilkan solusi kreatif dalam berbagai konteks. Selain itu, guru, calon guru,\r\ndan siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan teknologi AR dalam\r\nproses pembelajaran. Temuan hasil penelitian ini menghasilkan konsep integrasi\r\npendidikan agama dan etika dalam pembelajaran AR yang adaptif, teori AR-YS\r\ntransformative learning, dan model pembelajaran kolaboratif berbasis AR\r\n(CoLAB-AR) untuk meningkatan berfikir kritis dan kreatif dalam konteks\r\npesantren. Hasil ini memberikan dasar bagi pengembangan lebih lanjut terhadap\r\nstrategi pembelajaran yang mendorong pengembangan keterampilan abad ke-21\r\ntanpa mengorbankan identitas dan nilai-nilai lokal."^^ . "2024-12-28" . . . "Sekolah Program Pascasarjana"^^ . . . "Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Sekolah Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Yoga"^^ . "Sahria"^^ . "Yoga Sahria"^^ . . "Putu"^^ . "Sudira"^^ . "Putu Sudira"^^ . . . . . . "Pembelajaran Adaptif dengan Media Augmented Reality untuk\r\nMengembangkan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK Berbasis Pesantren. (Text)"^^ . . . "Pembelajaran Adaptif dengan Media Augmented Reality untuk\r\nMengembangkan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK Berbasis Pesantren. (Other)"^^ . . . . . . "Pembelajaran Adaptif dengan Media Augmented Reality untuk\r\nMengembangkan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK Berbasis Pesantren. (Other)"^^ . . . . . . "Pembelajaran Adaptif dengan Media Augmented Reality untuk\r\nMengembangkan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK Berbasis Pesantren. (Other)"^^ . . . . . . "Pembelajaran Adaptif dengan Media Augmented Reality untuk\r\nMengembangkan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK Berbasis Pesantren. (Other)"^^ . . . . . . "Pembelajaran Adaptif dengan Media Augmented Reality untuk\r\nMengembangkan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK Berbasis Pesantren. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #82761 \n\nPembelajaran Adaptif dengan Media Augmented Reality untuk \nMengembangkan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK Berbasis Pesantren.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . . . "Pendidikan Kejuruan"@en . . . "Media Pendidikan" . .