relation: http://eprints.uny.ac.id/82736/ title: PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PJBL POKOK BAHASAN VOLUME creator: Nurfadillah, Alfi Kurnia subject: Matematika subject: Media Pendidikan subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan keterampilan berpikir logis matematis siswa melalui model PJBL berbantuan replika tabung dan kerucut pokok bahasan volume di kelas VA SD Negeri Sindurejan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Sindurejan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data mengunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir logis matematis berbantuan replika tabung dan kerucut di kelas VA SD Negeri Sindurejan melalui model pembelajaran PJBL. Hal ini dibuktitkan dari hasil tes menunjukkan peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 41% menjadi 78% pada siklus II. Sedangkan hasil keterampilan berpikir logis matematis siswa juga meningkat dari kategori sedang pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Kata kunci: keterampilan berpikir logis matematis, project based learning date: 2024-07-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/82736/1/Artikel%20Skripsi_Alfi%20Kurnia%20Nurfadillah_20108244053_PGSD.pdf identifier: Nurfadillah, Alfi Kurnia (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PJBL POKOK BAHASAN VOLUME. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.