<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO\r\nBANTUL"^^ . "Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan\r\npenguatan karakter sopan santun pada siswa SD 1 Trirenggo Bantul dan (2)\r\nmendeskripsikan perilaku sopan santun pada siswa SD 1 Trirenggo Bantul.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus untuk\r\ndapat menjelaskan hasil pengkajian fenomena sosial secara menyeluruh, kompleks,\r\ndan rinci. Penelitian ini dilakukan di SD 1 Trirenggo Bantul. Subjek yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa SD 1\r\nTrirenggo Bantul yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,\r\nwawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian\r\nini adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan panduan dokumentasi\r\ndengan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian,\r\ndan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan karakter di SD 1 Trirenggo Bantul dilaksanakan melalui berbagai cara yaitu melalui keteladanan,\r\npembiasaan, pembelajaran, dan budaya sekolah. Penguatan karakter sopan santun\r\ndi SD 1 Trirenggo Bantul melalui peneladanan dilakukan kepala sekolah dan guru\r\ndengan cara memberikan contoh berperilaku sopan santun seperti membantu orang\r\nlain; izin ketika masuk ruangan; menerapkan sikap 3S; tidak memotong\r\npembicaraan orang lain; mengucapkan kata ajaib (minta tolong, terima kasih,\r\npermisi, dan maaf); memperlakukan orang lain dengan baik; serta bertutur kata\r\nsantun. Penguatan karakter sopan santun di SD 1 Trirenggo Bantul melalui\r\npembiasaan dilakukan dengan cara membiasakan 3S; mengucapkan kalimat terima\r\nkasih, tolong, permisi, dan maaf; saling membantu; serta pembiasaan karakter\r\nsopan santun pada ekstrakurikuler. Penguatan karakter sopan santun di SD 1\r\nTrirenggo Bantul melalui pembelajaran dilakukan dengan cara guru mengajarkan\r\nberperilaku sopan santun dengan mengajak siswa untuk mengingat dan\r\nmempraktekkan. Pesan disamaikan melalui lagu. Penguatan karakter sopan santun\r\ndi SD 1 Trirenggo Bantul melalui budaya sekolah dilakukan dengan mengadakan\r\nprogram sekolah. Siswa SD 1 Trirenggo Bantul sudah memenuhi 8 indikator\r\nkarakter sopan santun walaupun untuk memenuhi indikator tersebut harus\r\ndiingatkan oleh orang lain. Siswa SD 1 Trirenggo Bantul sudah memenuhi\r\nkomponen pertama pendidikan karakter yaitu pada komponen pengetahuan moral\r\nnamun masih kurang dalam komponen perasaan moral dan tindakan moral.\r\nKata Kunci : Penguatan, Karakter, Sopan Santun, Siswa"^^ . "2024-07-17" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Reyninda Reza"^^ . "Alfasanah"^^ . "Reyninda Reza Alfasanah"^^ . . . . . . "PENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO\r\nBANTUL (Text)"^^ . . . "PENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO\r\nBANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO\r\nBANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO\r\nBANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO\r\nBANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO\r\nBANTUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #82620 \n\nPENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO \nBANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Kebudayaan"@en . . . "Etika" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .