@phdthesis{UNY82620, title = {PENGUATAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SD 1 TRIRENGGO BANTUL}, author = {Reyninda Reza Alfasanah}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, month = {July}, year = {2024}, abstract = {Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan penguatan karakter sopan santun pada siswa SD 1 Trirenggo Bantul dan (2) mendeskripsikan perilaku sopan santun pada siswa SD 1 Trirenggo Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus untuk dapat menjelaskan hasil pengkajian fenomena sosial secara menyeluruh, kompleks, dan rinci. Penelitian ini dilakukan di SD 1 Trirenggo Bantul. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa SD 1 Trirenggo Bantul yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan panduan dokumentasi dengan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan karakter di SD 1 Trirenggo Bantul dilaksanakan melalui berbagai cara yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, pembelajaran, dan budaya sekolah. Penguatan karakter sopan santun di SD 1 Trirenggo Bantul melalui peneladanan dilakukan kepala sekolah dan guru dengan cara memberikan contoh berperilaku sopan santun seperti membantu orang lain; izin ketika masuk ruangan; menerapkan sikap 3S; tidak memotong pembicaraan orang lain; mengucapkan kata ajaib (minta tolong, terima kasih, permisi, dan maaf); memperlakukan orang lain dengan baik; serta bertutur kata santun. Penguatan karakter sopan santun di SD 1 Trirenggo Bantul melalui pembiasaan dilakukan dengan cara membiasakan 3S; mengucapkan kalimat terima kasih, tolong, permisi, dan maaf; saling membantu; serta pembiasaan karakter sopan santun pada ekstrakurikuler. Penguatan karakter sopan santun di SD 1 Trirenggo Bantul melalui pembelajaran dilakukan dengan cara guru mengajarkan berperilaku sopan santun dengan mengajak siswa untuk mengingat dan mempraktekkan. Pesan disamaikan melalui lagu. Penguatan karakter sopan santun di SD 1 Trirenggo Bantul melalui budaya sekolah dilakukan dengan mengadakan program sekolah. Siswa SD 1 Trirenggo Bantul sudah memenuhi 8 indikator karakter sopan santun walaupun untuk memenuhi indikator tersebut harus diingatkan oleh orang lain. Siswa SD 1 Trirenggo Bantul sudah memenuhi komponen pertama pendidikan karakter yaitu pada komponen pengetahuan moral namun masih kurang dalam komponen perasaan moral dan tindakan moral. Kata Kunci : Penguatan, Karakter, Sopan Santun, Siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/82620/} }