%0 Thesis %9 S1 %A Ahmad, Zaqi Fadzilah %B PGSD %D 2024 %F UNY:82619 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T ANALISIS BUKU TEKS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI BAHAN AJAR KURIKULUM MERDEKA FASE B KELAS IV SD %U http://eprints.uny.ac.id/82619/ %X Keberadaan buku teks sebagai bahan ajar tidak lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka, materi pada buku teks baru perlu disesuaikan dengan kebutuhan kurikulum. Capaian Pembelajaran dijabarkan dalam buku teks. Dalam penggunaan buku teks matematika terbitan Kemdikbudristek sebagai bahan ajar, ketidaksesuaian ditemukan antara Capaian Pembelajaran dan materi buku teks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara buku teks matematika fase B dan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Desember 2023. Sumber data pada penelitian ini adalah buku teks matematika kelas IV SD terbitan Kemendikbudristek dan Capaian Pembelajaran yang diperoleh dari Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 033/H/KR/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Analisis Isi (Content Analysis). Kemudian instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen analisis kesesuaian materi antara buku teks matematika kelas 4 dengan Capaian Pembelajaran yang dikembangkan peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan (1) kondensasi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi (Miles & Huberman, 2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks matematika kelas IV SD memiliki tingkat kesesuaian dengan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka yang tergolong rendah. Rendahnya kesesuaian tersebut disebabkan oleh tingkat kesulitan yang tidak sesuai karena adanya materi fase C dan D. Penggunaan bilangan dan operasi hitung melebihi Capaian Pembelajaran fase B dan terdapat materi pada Capaian Pembelajaran yang belum disajikan dalam buku teks. Kata kunci: analisis isi, buku teks matematika, capaian pembelajaran, kesesuaian materi, kurikulum merdeka