eprintid: 82588 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 76909 dir: disk0/00/08/25/88 datestamp: 2024-07-12 10:44:00 lastmod: 2024-07-13 01:13:40 status_changed: 2024-07-13 01:13:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: nanangwahyu.2020@student.uny.ac.id creators_name: Nugroho, Nanang Wahyu creators_id: nanangwahyu.2020@student.uny.ac.id corp_creators: Fakultas Teknik UNY title: Implementasi kurikulum merdeka belajar pada materi sistem pemindah tenaga kelas XI teknik otomotif di SMK 2 Wonosari ispublished: unpub subjects: D2 subjects: D3 subjects: ojs-jpv divisions: ft_jurdik_otomotif_pend_otomotif full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif di SMK N 2 Wonosari. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif di SMK N 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 (dua) guru PCSPT dan siswa kelas XI Teknik Otomotif berjumlah 3 (tiga) yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif di SMK N 2 Wonosari telah berjalan dengan baik. Pada tahap perencanaan guru telah menyiapkan perangkat pembelajaran (Alur Tujuan Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, dan Modul Ajar) pada awal pembelajaran dengan tujuan agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru telah memanfaatkan sumber materi ajar dan media pembelajaran yang beragam. Guru juga telah melaksanakan metode pembelajaran yang mendukung terlaksananya pembelajaran berpusat pada siswa (student center learning) dan pembelajaran yang berdiferensiasi. Pada tahap penilaian atau evaluasi pembelajaran guru telah melaksanakan refleksi pembelajaran untuk evaluasi proses pembelajaran. Guru juga telah melaksanakan asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Dalam pelaksanaan asesmen guru juga telah memanfaatkan IT (Information Technology). (2) Faktor pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif Di SMK N 2 Wonosari yaitu upaya guru mengondisikan pembelajaran yang menyenangkan, nyaman, dan ringan, pemberian referensi materi belajar yang beragam, upaya ketersediaan training object praktikum yang sudah mencapai 60%, pengadaan workshop pelatihan kurikulum merdeka untuk guru, dan mengundang guru tamu untuk program P5. Faktor penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Sistem Pemindah Tenaga Kelas XI Teknik Otomotif Di SMK N 2 Wonosari yaitu beban materi yang terlalu luas untuk siswa, ketercukupan media praktikum yang belum ideal, dan kecepatan internet Wifi yang belum mampu mengakomodir seluruh siswa. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sistem Pemindah Tenaga date: 2024-09-12 date_type: completed pages: 76 institution: Univeritas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Teknik Otomotif thesis_type: skripsi official_url: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo/article/view/67749 related_url_url: https://drive.google.com/file/d/15EF3ApdnL-K55oM6uzGaCcCNZxF-D5V5/view?usp=sharing referencetext: Akhiruddin, S. P., Sujarwo, S. P., Atmowardoyo, H., & Nurhikmah, H. (2020). Belajar & pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang. Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R, L., (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2022). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Edisi 1. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. Cintiasih, T. “Implementasi Pembelajaran Daring Tahun” (2020). Darman, R. A. (2021). Telaah kurikulum. Jakarta: Guepedia. Dewantara, G.P., Ratnaya, I. G., & Adiarta, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Dasar Untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. 9(3). 171-181. Djamaludin. A., & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran, 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. Sulawesi Selatan: Penerbit CV Kaaffah Learning Center. Ernawati, N. M., Virginiya, P. T., Arjana, I. W. B., Puspita, N. P. L. A., & Dewi, N. W. S. (2022). Industry practices in tourism education institution: A leverage and challenge. Multicultural Education, 8(12). Fatmawati, E. (2021). Kebijakan kurikulum di masa pandemi. MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 158-173. Febriana, R. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hardani, A. N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiwaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Wonosari: CV. Pustaka Ilmu. 70 Hidayat, A. W. (2018). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDN Demangan Yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna 9, no. 2. Hidayat, M. C., & Syam, A. R. (2020). Urgensitas perencanaan strategis dan pengelolaan sumber daya manusia madrasah era revolusi industri 4.0. ALASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 1-13. Kemendikbud-ristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/ Kusumaningrum, A.P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Karanganyar (Studi Kasus pada Guru Produktif). [Skripsi, tidak diterbitkan]. Universitas Sebelas Maret. Martubi, Suhartanta, & Yudantoko, A. (2020). The development of computerbased personality and social competency test questions for teacher professional education (TPE) participants automotive engineering. Journal of Physics: Conference Series, 1700(1). https://doi.org/10.1088/17426596/1700/1/012066. Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. Misrom, N. B., Muhammad, A., Abdullah, A., Osman, S., Hamzah, M., & Fauzan, A. (2020). Enhancing students’ higher-order thinking skills (HOTS) through an inductive reasoning strategy using geogebra. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(3), 156-179. Prasetyo, F.B. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Smp Negeri Se-Kabupaten Sleman. [Tesis, tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta. Setyoningsih, R.U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. [Skripsi, tidak diterbitkan]. Universitas Sebelas Maret. Silaen, S. (2022). Socialization of science teaching media as an application of the concept of independent learning. MOVE: Journal of Community Service and Engagement, 1(6), 184-188. Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suhartanta, S., Efendi, Y., Wakid, M., & Us, T. (2023). AKULTURASI KOMPETENSI BIDANG CHASIS KENDARAAN PADA KURIKULUM 71 BERBASIS KERJASAMA INDUSTRI. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(1), 131-140. Ulfatimah, H. (2020). Implementasi Tabungan Baitullah IB Hasanah dan Variasi Akad Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). funders: Nul projects: nul citation: Nugroho, Nanang Wahyu (2024) Implementasi kurikulum merdeka belajar pada materi sistem pemindah tenaga kelas XI teknik otomotif di SMK 2 Wonosari. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82588/1/Thesis%20S1.pdf