%D 2024 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %T Karakteristik Kebugaran Jasmani Peserta Didik di Sekolah Inklusi SD Negeri Bangunrejo 2 Kapanewon Tegalrejo Kota Yogyakarta %A Restitia Melati %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kebugaran jasmani peserta didik di sekolah inklusi SD Negeri Bangunrejo 2 Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri Bangunrejo 2 dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, terdiri dari 32 peserta didik. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik kebugaran jasmani peserta didik reguler, slow learner, di bawah rata-rata sebesar 61,5% berkategori kurang. Karakteristik kebugaran jasmani perserta didik tunagrahita ringan sebesar 50% berkategori sedang. Secara keseluruhan karakteristik kebugaran jasmani peserta didik di sekolah inklusi SD Negeri Bangunrejo 2 sebesar 56,3% berkategori kurang. %K kebugaran jasmani, peserta didik, sekolah inklusi %O Dosen Pembimbing: Dr. Ranintya Meikahani, M.Pd. %L UNY82586