<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Desain Didaktis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Resiliensi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama."^^ . "Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika adalah hambatan belajar untuk mengembangkan kreativitas dan resiliensi matematika siswa, yang disebabkan oleh hambatan belajar ontogenik, epistemologis, dan didaktik. Berdasarkan hambatan belajar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji proses analisis prospektif untuk merancang desain didaktis untuk mengembangkan kreativitas dan resiliensi matematika siswa SMP; (2) mengkaji proses analisis metapedadidaktik terhadap implementasi desain didaktis untuk mengembangkan kreativitas dan resiliensi matematika siswa SMP; (3) mengkaji proses analisis retrospektif terhadap implementasi desain didaktis untuk mengembangkan kreativitas dan resiliensi matematika siswa SMP; dan (4) merancang desain didaktis empirik dan menghasilkan teori pembelajaran lokal (local instructional theory/LIT) untuk mengembangkan kreativitas dan resiliensi matematika siswa sekolah menengah pertama (SMP).\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian desain dengan metode penelitian desain didaktis, yang meliputi tahap analisis prospektif, analisis metapedadidaktik, dan analisis restropektif. Penelitian ini dilakukan di SMP di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru SMP di ketiga kota tersebut. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket serta melalui studi dokumen, observasi, wawancara, dan rekaman audio visual, dan dianalisis menggunakan pendekatan multimethod dengan menggabungkan analisis dari beberapa data, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain didaktis berdasarkan teori situasi didaktis secara empirik dapat mengembangkan kreativitas dan resiliensi matematika. Tahapan desain didaktis tersebut meliputi pemberian situasi didaktis berbentuk masalah matematika terbuka di awal pembelajaran, yang dilanjutkan dengan aktivitas belajar melalui tahap situasi aksi, formulasi, validasi, dan institusionalisasi. Penelitian ini juga menghasilkan suatu teori pembelajaran lokal untuk mengembangkan kreativitas dan resiliensi matematika dalam bentuk urutan aktivitas pembelajaran, meliputi aktivitas menyelesaikan soal matematika terbuka dengan banyak jawaban benar (fluency), banyak cara penyelesaian (flexibility), dan jawaban yang unik (originality) dengan disertai tumbuhkembangnya sikap positif siswa dalam bentuk penghargaan terhadap kegunaan matematika (value), pertumbuhan (growth), perjuangan (struggle), dan kegigihan (perseverance)."^^ . "2024-06-11" . . . "Sekolah Program Pascasarjana"^^ . . . "Ilmu Pendidikan, Sekolah Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Abdul Aziz"^^ . "Saefudin"^^ . "Abdul Aziz Saefudin"^^ . . "Siti Irene"^^ . "Astuti"^^ . "Siti Irene Astuti"^^ . . . . . . "Desain Didaktis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Resiliensi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Text)"^^ . . . "Desain Didaktis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Resiliensi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Other)"^^ . . . . . . "Desain Didaktis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Resiliensi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Other)"^^ . . . . . . "Desain Didaktis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Resiliensi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Other)"^^ . . . . . . "Desain Didaktis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Resiliensi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Other)"^^ . . . . . . "Desain Didaktis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Resiliensi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #82549 \n\nDesain Didaktis untuk Mengembangkan Kreativitas dan Resiliensi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Matematika"@en . .