TY - THES ID - UNY82530 Y1 - 2024/07/05/ A1 - Asy Syifa?, Ulfatun Nisa PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi TI - HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SE-GUGUS II JETIS BANTUL AV - restricted M1 - skripsi N2 - Perkembangan teknologi dan informasi merubah paradigma proses pembelajaran di Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis hubungan yang positif dan signifikan pada penggunaan media pembelajaran digital dengan perhatian siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar se-Gugus II Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Penelitian dilakukan di wilayah Gugus II Jetis Bantul, yaitu SD Negeri Kowang, SD Negeri Kembangsongo, SD Negeri Sindet, SD Muhammadiyah Blawong I, dan SD Muhammadiyah Blawong II. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa sekolah dasar se-Gugus II Jetis Bantul berjumlah 1.074 siswa. Sampel penelitian berjumlah 291 siswa ditentukan menggunakan metode Convenience Sampling dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data dengan metode korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Pearson Corelation 0,052 yang artinya hubungan kedua variabel positif namun sangat lemah dan berada pada kategori tidak berkorelasi derajat hubungannya, serta nilai Signifikansi 0,376 > 0,05 yang artinya tidak adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran digital dengan perhatian siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar se-Gugus II Jetis Bantul. Kata Kunci : Media Pembelajaran Digital, Perhatian Siswa dalam Pembelajaran UR - http://eprints.uny.ac.id/82530/ ER -