%0 Thesis %9 S1 %A Huda, Almas Noor %B PGSD %D 2024 %F UNY:82521 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SEGUGUS V KAPANEWON PENGASIH %U http://eprints.uny.ac.id/82521/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD negeri se-Gugus V di Kapanewon Pengasih. Kemudian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD negeri seGugus V di Kapanewon Pengasih. Jenis penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-postfacto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri se-Gugus V di Kapanewon Pengasih yang berjumlah 97 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan menguji hipotesis dengan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian kemandirian belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Dimana variabel kemandirian belajar memberikan pengaruh sebesar 54,2% terhadap hasil belajar matematika. Siswa dengan tingkat kemandirian belajar yang tinggi juga mencapai hasil belajar matematika yang lebih baik. Sebaliknya, siswa dengan kemandirian belajar yang rendah juga mempunyai hasil belajar matematika yang rendah. Persentase kemandirian belajar siswa kelas V SD negeri se-Gugus V Kapanewon Pengasih berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 27%. Kemandirian belajar yang berada pada kategori tinggi ini akan berdampak pada kemampuan belajar anak. Hal ini selaras dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD negeri se-Gugus V Kapanewon Pengasih, dimana sebagian besar siswa dalam kategori tuntas yaitu sebesar 85%. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Matematika, Siswa.