%0 Thesis %9 S1 %A Muhammad , Hudi Nursalim %A Dr.Putu Sudira, M.P, %A Umi Rochayati, M.T, %A Dr.Eko Marpanaji, %B FAKULTAS TEKNIK %D 2012 %F UNY:8252 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K website, interaktif, multimedia, pembelajaran, diskriptif, skor, kelayakan, valid. %T PENGEMBANGAN WEBSITE MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN %U http://eprints.uny.ac.id/8252/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk website multimedia interaktif untuk pembelajaran elektronika digital di SMK N 2 Yogyakarta. Untuk melaksanakan penelitian menggunakan jenis penelitian research and development (R n D) dan teknik pengumpulan data menggunakan interview dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif yaitu memaparkan hasil penelitian menggunakan diagram. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji kelayakan media pembelajaran di antaranya dari ahli media diperoleh skor 140,3 dari skor yang diharapkan 164 sama dengan 85,6% yang masuk kategori layak, dari ahli materi diperoleh skor 71 dari skor yang diharapkan 84 sama dengan 84,6 % yang masuk kategori layak dan dari pengujian ke pengguna diperoleh skor 2586 dari skor yang diharapkan 3200 sama dengan 80,8% yang masuk kategori layak. Uji kelayakan dari ahli media meliputi usebility, sistem navigasi, graphic design, content, kompatibilitas, loading time, fungsionality, kemudahan navigasi, kandungan kognisi, integrasi media, tampilan artistik dan estetika, fungsi secara keseluruhan. Uji kelayakan dari ahli materi meliputi aspek kualitas materi, animasi simulasi, kualitas tutorial video praktikum dan kualitas soal-soal latihan. Uji kelayakan dari uji lapangan meliputi aspek tampilan, strategi pembelajaran, kemudahan operasi dan isi. Hal ini sesuai dengan konsep teori yang diharapkan. Kata kunci: website, interaktif, multimedia, pembelajaran, diskriptif, skor, kelayakan, valid.