eprintid: 82515 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/25/15 datestamp: 2024-07-04 03:44:09 lastmod: 2024-07-04 03:44:09 status_changed: 2024-07-04 03:44:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setyowacono, Nurkholis Bambang creators_name: Pardjono, Pardjono title: Model Pembelajaran IPA Terapan dengan Mengintegrasikan Lingkungan Goa Gong untuk Meningkatkan Karakter Siap Kerja Siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pacitan. ispublished: pub subjects: D3 subjects: ipa divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: goa Gong, IPA Terpadu, lingkungan, kreativitas, percaya diri abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran IPA Terapan yang terintegrasi dengan lingkungan Goa Gong pada siswa SMK, (2) mengungkapkan kelayakan model pembelajaran IPA Terapan yang dihasilkan, dan (3) mengungkapkan keefektifan model pembelajaran IP A T erapan yang dihasilkan ditinjau dari kesiapan siswa SMK di dunia kerja. Penelitian merupakan research and development sesuai dengan prosedur pengembangan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa SMK kelas X yang berada di sekitar wilayah Goa Gong Kabupaten Pacitan. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa data hasil survey permasalahan dan kebutuhan proses pembelajaran IPA Terapan di SMK, data hasil validasi produk oleh pakar dan praktisi, data keterlaksanaan model pembelajaran dalam uji coba produk, serta data hasil uji efektivitas produk. Uji coba produk secara terbatas menggunakan one-group pretest-posttest design. Sedangkan uji coba skala besar menggunakan pretest- posttest control group design. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Struktur sintaks model pembelajaran IP A T erapan yang dihasilkan terdiri dari stimulasi masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar dan merumuskan action plan, merancang produk, menilai dan memprediksi melalui SWOT, dan refleksi proses. Perangkat pendukung pembelajaran terdiri dari bahan ajar, LKPD, RPP, gambar/video, dan perangkat penilaian. (2) Model pembelajaran IPA Terpadu yang dihasilkan telah dinilai layak untuk diterapkan melalui proses validasi yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran, ahli media, ahli materi, dan guru IPA Terapan sebagai praktisi. (3) Hasil uji coba keterlaksanaan model pembelajaran tersebut menunjukkan pelaksanaan komponen sintaks pembelajaran berkategori baik, komponen prinsip reaksi berkategori baik, komponen sistem sosial berkategori baik, dan komponen sistem pendukung berkategori baik. (4) Model pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan karakter dalam menyiapkan siswa di dunia kerja, yang terdiri dari kreativitas, percaya diri, dan berani mengambil sikap dalam memanfaatkan lingkungan goa. Hasil uji coba model pembelajaran tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran tersebut dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran tersebut lebih efektif dalam mengembangkan karakter siap kerja siswa. date: 2024-04-26 date_type: published institution: Sekolah Program Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Armadita, Puspa, Wijayanto, Eko, Rofiatus, Lintng, Susanti, Anisma (2017, Analisis kemampuan berfilir Kreatif Pembelajaran Fisikadi kelas XI MIA 3 SMAN 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 10 Nomor 2 Tahun 2017. Hal : 129 – 135 Agommuoh & M.C ndrika (2017). Strategies for Promoting Entrepreneurial skills in science Education Student for Proverty Eradication. Journal of Research & Methode in Education. Vol. 7 Issue 3 Page 45 - 49 Barnadib, Imam (1982) Filsafat Pendidikan. Pengantar Mengenai Sistem dan Metode. FIP. IKIP Yogyakarta Barnawi & Muhammad Arifin (2012) School Preneurship. Yogyakarta. Ar Ruzz Media Bandura, A. (1997) Social Learning Theory. New Jersey : Prentice Hall Inc. Bryd, J & Brown, P,I. (2003, The Innovation Equation : Building Creativity and Risk Taking in Your Organitation. California : Jossey-Bass/Pfeiffer. Borg, W.R & Gall, M.D. (2003) Education Research on Introduction (7 edition). New York : Longman.Inc Budiono & Udik,B.W (2018). Kiat Mengelola Sekolah (Trik Kepala Sekolah dalam Mengambil Keputusan) . Interlude. Yogyakarta Bundu, Patta (2006). Metode Belajar. Jakarta ; Depdiknas RI Cox, Janelle (2018). Teaching Strategies to Build Stiudent Confidence. Diakses 9 November 2018. Dewantara, Ki Hajar. (1977) Karya Ki Hajar Dewantara Bagian Pertama : Pendidikan. Yogyakarta : Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa. . (1994). Kebudayaan. Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa Emzir. (2013) Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif (Edisi Revisi). Jakarta : Rajawali Pers. Cooper, dkk. (1995). Tourism, Principles, and Practive. Third Edition. Harlow: Prentice Hall 153 Eni Evitin (2016). Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata di kabupaten Pacitan (Studi kasus Pengembangan Potensi Wisata Goa Gong). Volume 03 No. 03. Swara Bumi. Hal : 109 -113 Fuad, Nurhattati (2014). Manajeman Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta : Grafindo Persada. Ghufron (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta : Ar Ruzz Media. Gutek, Gerald Lee (1974). Philosopical Alternative In Education. Loyala. University of Chicago Harlock, E.B. (1997). Psikologi Perkembangan Jilid II edisi ke-6. Penerjemah : Tjandrasa, M.M. Jakarta. Erlangga. Joyce, B. & Weil, M. (1980). Model of Teaching. Boston : Person Education Kemendibud (2018). Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta. Kemendikbud Kusumaningrum (2008) Potensi dan Pengembangan Obyek Wisata Goa Gong di Kabupaten Paciatn. UNS. Swara Bumi Koyan, I.W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja. Undiksa Press Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin (2014) Implementasi Kurikulum 2013. Konsep dan Penerapan. Surabaya :Kkota Pena Kurniawan, Heru (2016). Sekolah Kreatif (Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak), Yogyakarta. Ar Ruzz Media. Khairiah, Mustika Wati, Sri Hartini (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IP A. https://www.researchgate- net/publication/326064475. Diakses 9 Maret 2019 Mardapi, Djemari, (2008). Teknik Penyususnan Instrumen Tes dan Non tes. Yogyakarta : Mitra Cendeki Ofset. Millenia, J., Sulivinio, S., Rahmanita, M., & Emier Osman, I. (2021). Strategi Pengembangan Wisata Mangrove Desa Sedari Berbasis Analisis 4A ( Attraction , Accessibility , Amenities , Ancillary Services ). Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(3), 284–293. 154 Mijiarto, Tutut, Hermawan (2014), Potensi Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Karst Goa Gudawan. Media Konservasi. Volume : 19 No. 1 Hal : 57 – 66 Nasution, Arman Hamkim (2016). Creative and Innovation (Thinking Key Success For Young Profesional) Yogyakarta : Andi Nieveen, Nienke (1999). “Prototyping to reach Product Quality”. In Jan Van den Akker, R.M . Branch, K. Gustafon, N. Nieveen and Tj. Plomp (Eds) Design Appproaches and Tools in Education and Training (pp 125 - 135) Kluwer Academic Publisher,Dordecht. The Nederlands. Niki, Sukla, Nanki, Monga (2016). Effect of Risk Taking Behavior on Academic Achievement of Adolescence. http://search.ebscohost.com/login.aspx. Indian Jurnal of Health. Volume 7 Issue 6. ISSN : 2229 – 5356. Diakses Tanggal 7 Januari 2019. Novianti, Nita. Fitriani, Any (2016). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed dan Shared untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses. Jurnal Edusains. Volume 8, No,or 1 Page : 74 – 82 Nurbaeti, N., Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah, A. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456 Pangestika, Styfindina (2018). Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 10 Tahub ke-17, 2018. Poulson, T. L., & White, W. B. (1969). The Cave Environment. 165(3897), 971– 981. Purnami, Wahyuni, Utama, W.G, Madu, FJ. (2016) Internalisasi Kesadaran Ekologis Melalui Pengelolaan Sampah di Sekolah Dasar. Prosending Seminar Nasional Pendidikan Sains. ISSN : 2407 – 4639 Hal : 487 - 491 Prasetyo, Ketut, Hariyanto. (2018) Pendidikan Lingkungan Indonesia. Dasar Paedagogi dan Metodologi. Bandung Rosdakarta 155 Sekar, Desak, Ketur S. (2015). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif dalam Pembelajaran IPA pada siswa kelas 4 di SD Negeri 2 Pemarung Kecamatan Buleleng. E-jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Nomor 1. Sudarma, Momon (2013). Mengembangkan Ketrampilan berfikir Kreatif, Jakarta : PT Raja Grafindo. Persada Salah Wahab, Ph. D. (1992). Manajemen Pariwisata. PT.Pradnya. Paramita, Jakarta Suparlan, Henricus (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, Volume 25 No 1 Tahub 2015. Susanto, Ahmad (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group. Sholihah, Ulfa Ni’am (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar IPA siswa MI Playen Gung Kidul. http://digilib.uin-suka.ac.id/7633. citation: Setyowacono, Nurkholis Bambang and Pardjono, Pardjono (2024) Model Pembelajaran IPA Terapan dengan Mengintegrasikan Lingkungan Goa Gong untuk Meningkatkan Karakter Siap Kerja Siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pacitan. S3 thesis, Sekolah Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82515/1/disertasi_nurkolis%20bambang%20setyowacono_17703261014.pdf