eprintid: 82487 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/24/87 datestamp: 2024-07-02 03:47:44 lastmod: 2024-07-02 03:47:44 status_changed: 2024-07-02 03:47:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yudha Gatot, Bintang Rahma title: ANALISIS KONTEN FILM ANIMASI INSIDE OUT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MATERI MENGENAL PERASAAN DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: G3 subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan perasaan dalam film animasi Inside Out. Film animasi Inside Out adalah film animasi produksi Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios yang menceritakan perubahan perilaku pada seorang anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan metode analisis konten teori semiotika menurut Ferdinand de Saussure(Joseph, 2015). Sumber data dalam penelitian ini adalah film animasi Inside Out yang disaksikan melalui layanan siaran video Disney+. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada film animasi Inside Out terdapat pengenalan-pengenalan perasaan. Pengenalan perasaan yang tersaji dalam berbagai adegan dan percakapan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk aktivitas pembelajaran sesuai dengan skema pembelajaran Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia kelas II SD. Pengenalan perasaan yang ditemukan yaitu: 1) pengenalan bahagia ditandai dengan kepuasan, riang, lega, dan bersemangat; 2) pengenalan marah ditandai dengan perubahan raut muka, pelampiasan verbal, tindakan, dan tindakan merajuk; 3) pengenalan sedih ditandai dengan wajah pucat, lesu, tanpa gairah, mata berkaca-kaca dan menangis; 4) pengenalan takut ditandai dengan tindakan berteriak histeris, denyut nadi meningkat dan jantung bedebar; 5) pengenalan jijik ditandai dengan kebencian terhadap suatu objek, kemudian berusaha menghindari objek itu. Kata kunci: media pembelajaran, film Inside Out date: 2024-07-02 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Yudha Gatot, Bintang Rahma (2024) ANALISIS KONTEN FILM ANIMASI INSIDE OUT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MATERI MENGENAL PERASAAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82487/1/SKRIPSI_Bintang%20Rahma_17108241133%20%281%29.pdf