<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN UN DI\r\nSMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN\r\nYOGYAKARTA"^^ . "ABSTRAK\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana\r\nbentuk pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran UN di\r\nSMP Negeri se-kecamatan Gondokusuman Yogyakarta; (2) Hambatan yang\r\nditemui guru dalam pengelolaan kelas dan bagaimana solusi/ tindak\r\nlanjutnya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber\r\ninformasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran UN kelas 3 di SMP\r\nNegeri 1 dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data\r\nmenggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data\r\ndilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Data\r\ndianalisis dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan\r\ntahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan\r\nkesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengelolaan kelas\r\nyang dilakukan oleh guru mata pelajaran UN adalah pembagian tugas guru\r\ndalam mengelola kelas secara fisik dan psikis, pengaturan tata ruang sesuai\r\ndengan strategi yang akan digunakan, pengkondisian lingkungan kelas,\r\npenciptaan iklim belajar, dan prosedur pelaksanaan pengelolaan kelas. ; (2)\r\nHambatan yang bersumber pada siswa tejadi pada saat pergantian mata\r\npelajaran setelah olahraga guru sulit untuk mengembalikan konsentrasi siswa\r\nuntuk fokus ke materi pelajaran berikutnya yang dikarenakan siswa\r\nkelelahan. Hambatan lain dalam pengelolaan kelas ini adalah siswa kurang\r\nperhatian, siswa tidak fokus dalam mengikuti pelajaran, timbulnya\r\nkegaduhan, motivasi siswa rendah sehingga susah untuk diatur, kurangnya\r\nmedia pembelajaran yang ada. Hambatan yang bersumber pada diri pribadi\r\nseorang guru kurangnya kemampuan dan keterampilan dalam mengelola\r\nkelas yang dimiliki oleh guru. Solusi dari sekolah dan guru adalah dengan\r\nmelakukan pemanasan interaksi antara guru dan siswa, kondisi lingkungan\r\nkelas lebih dihidupkan kembali sebelum memasuki ke pembelajaran yang\r\nlebih serius. Interaksi guru dengan siswa dapat diatasi dengan melakukan\r\npengkondisian lingkungan kelas sebelum pembelajaran, melakukan\r\npemanasan sebelum KBM dimulai dan diselingi dengan hiburan menyanyi di\r\nsela-sela KBM. Mengenai kurangnya kemampuan dan keterampilan guru\r\ndalam pengelolaan kelas dapat diatasi dengan diikutsertakannya guru dalam\r\nkegiatan workshop pengelolaan kelas yang sangat berguna dan tepat waktu."^^ . "2012-11-28" . . . "manajemen pendidikan"^^ . . . "universitas negeri yogyakarta, manajemen pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Dwi Marwati"^^ . "Listiana "^^ . "Dwi Marwati Listiana "^^ . . . . . . "PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN UN DI\r\nSMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "08101244036.pdf"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN UN DI\r\nSMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN UN DI\r\nSMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN UN DI\r\nSMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN UN DI\r\nSMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN UN DI\r\nSMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #8244 \n\nPENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN UN DI \nSMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Media Pendidikan" . .