eprintid: 82401 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/24/01 datestamp: 2024-06-14 04:49:58 lastmod: 2024-06-14 04:49:58 status_changed: 2024-06-14 04:49:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurfaizah, Desta Ariani title: PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO BANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA ispublished: pub subjects: B2 subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd subjects: sos_kewarganegaraan divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVA pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Ngoto Bantul menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IVA SD Ngoto Bantul yang berjumlah 18 siswa, dengan 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yang digunakan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas IVA melalui model pembelajaran TGT pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penggunaan model TGT dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila mampu menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan rata-rata persentase motivasi belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada pra siklus, rata-rata persentase motivasi belajar siswa adalah 69% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 72,8% dan kembali meningkat menjadi 80,6% pada siklus II. Kata kunci : Motivasi belajar , Pendidikan Pancasila, Teams Games Tournament (TGT) date: 2024-06-14 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Nurfaizah, Desta Ariani (2024) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO BANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82401/1/Desta%20Ariani%20Nurfaizah_20108241091_Skripsi%20Fix%20%281%29.pdf