TY  - THES
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVA
pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Ngoto Bantul menggunakan model
pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IVA SD Ngoto Bantul yang berjumlah 18 siswa, dengan 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yang digunakan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas IVA melalui model pembelajaran TGT pada pembelajaran Pendidikan
Pancasila. Penggunaan model TGT dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila
mampu menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa untuk mengikuti proses
pembelajaran. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan rata-rata persentase
motivasi belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada pra siklus, rata-rata
persentase motivasi belajar siswa adalah 69% kemudian pada siklus I meningkat
menjadi 72,8% dan kembali meningkat menjadi 80,6% pada siklus II.
Kata kunci : Motivasi belajar , Pendidikan Pancasila, Teams Games Tournament
(TGT)
AV  - restricted
A1  - Nurfaizah, Desta Ariani
TI  - PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO
BANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES
TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/82401/
Y1  - 2024/06/14/
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
ID  - UNY82401
ER  -