<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/title> "PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO\r\nBANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES\r\nTOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVA\r\npada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Ngoto Bantul menggunakan model\r\npembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IVA SD Ngoto Bantul yang berjumlah 18 siswa, dengan 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yang digunakan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas IVA melalui model pembelajaran TGT pada pembelajaran Pendidikan\r\nPancasila. Penggunaan model TGT dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila\r\nmampu menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa untuk mengikuti proses\r\npembelajaran. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan rata-rata persentase\r\nmotivasi belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada pra siklus, rata-rata\r\npersentase motivasi belajar siswa adalah 69% kemudian pada siklus I meningkat\r\nmenjadi 72,8% dan kembali meningkat menjadi 80,6% pada siklus II.\r\nKata kunci : Motivasi belajar , Pendidikan Pancasila, Teams Games Tournament\r\n(TGT)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/date> "2024-06-14" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-48e215206e50c69139d953bd20f6c24a> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-48e215206e50c69139d953bd20f6c24a> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-48e215206e50c69139d953bd20f6c24a> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-48e215206e50c69139d953bd20f6c24a> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Desta Ariani"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-48e215206e50c69139d953bd20f6c24a> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Nurfaizah"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-48e215206e50c69139d953bd20f6c24a> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Desta Ariani Nurfaizah"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO\r\nBANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES\r\nTOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670515> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670515> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670515> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO\r\nBANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES\r\nTOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670515> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670515> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670515> <http://eprints.org/relation/isIndexCodesVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670516> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670516> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670516> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO\r\nBANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES\r\nTOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670516> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670516> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670516> <http://eprints.org/relation/islightboxThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670517> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670517> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670517> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO\r\nBANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES\r\nTOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670517> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670517> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670517> <http://eprints.org/relation/ispreviewThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670518> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670518> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670518> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO\r\nBANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES\r\nTOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670518> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670518> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670518> <http://eprints.org/relation/ismediumThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670519> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670519> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670519> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO\r\nBANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES\r\nTOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670519> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670519> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670519> <http://eprints.org/relation/issmallThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/670514> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/82401/> . <http://eprints.uny.ac.id/82401/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #82401 \n\nPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO \nBANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES \nTOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/82401/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/82401/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/B2> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/B2> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Psikologi"@en . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/B2> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Media Pendidikan" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/sos_kewarganegaraan> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/sos_kewarganegaraan> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Kewarganegaraan dan Hukum" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/sos_kewarganegaraan> .