eprintid: 82369 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/23/69 datestamp: 2024-06-13 07:49:50 lastmod: 2024-06-13 07:49:50 status_changed: 2024-06-13 07:49:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ulhaq, Dhiya title: HUBUNGAN PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS GURU KELAS DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV DI SD NEGERI SEKAPANEWON KALASAN ispublished: pub subjects: F3 subjects: ipa subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Pemahaman hakikat sains merupakan hal yang penting untuk dipahami oleh seorang pendidik agar pembelajaran IPA di kelas dapat diterapkan secara tepat. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman hakikat sains guru kelas dan implementasi pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri se-Kapanewon Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian korelasional. Partisipan penelitian ini sebanyak 26 pendidik di SD Negeri seKapanewon Kalasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala untuk mengukur variabel pemahaman hakikat sains dan observasi terstruktur untuk mengukur variabel implementasi pembelajaran IPA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar skala dan lembar observasi checklist yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif dan uji korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian, variabel pemahaman hakikat sains guru kelas dan variabel implementasi pembelajaran IPA memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,563. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan dan positif. Selain itu, hubungan kedua variabel tersebut berada pada kategori cukup. Dengan begitu, sebaiknya pendidik aktif dalam meningkatkan pemahaman hakikat sains agar dapat mengimplementasikan pembelajaran IPA dengan baik. Kata kunci: guru kelas, implementasi pembelajaran IPA, pemahaman hakikat sains date: 2024-06-13 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Ulhaq, Dhiya (2024) HUBUNGAN PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS GURU KELAS DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV DI SD NEGERI SEKAPANEWON KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82369/1/Artikel%20Skripsi_Dhiya%20Ulhaq%20fiks.pdf