TY - THES ID - UNY82352 A1 - Rahayu, Shinta Dwi TI - PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI GOTONG ROYONG DI SEKOLAH DASAR M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/82352/ Y1 - 2024/06/12/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi N2 - Gotong royong merupakan salah satu bagian dari dimensi profil pelajar Pancasila. Saat ini pelaksanaan gotong royong di sekolah dasar semakin jarang ditemui. Di lain sisi tindakan-tindakan yang bertentangan dengan gotong royong seperti sikap individualis semakin marak terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penguatan profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cebongan. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, 2 guru, dan 4 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian mengacu pada tahapan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan penguatan dimensi gotong royong di SD Negeri Cebongan dilakukan dengan penguatan budaya sekolah melalui pembiasaan, kebijakan sekolah, interaksi komunikasi, dan norma yang berlaku; penguatan intrakurikuler melalui pelaksanaan pembelajaran berdimensi gotong royong; penguatan P5 melalui pelaksanaan P5 pada setiap semester; dan penguatan ekstrakurikuler melalui pelaksanaan ekstrakurikuler berdimensi gotong royong. (2) Kendala pelaksanaan penguatan dimensi gotong royong melalui budaya sekolah berupa tidak adanya peraturan tertulis berdimensi gotong royong; penguatan intrakurikuler keberagaman siswa; penguatan P5 terbatasnya pemahaman guru; dan tidak ditemukan kendala dalam penguatan ekstrakurikuler. Kata kunci: Gotong Royong, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter AV - restricted ER -