@phdthesis{UNY82339,
           title = {IMPLEMENTASI BUDAYA NGAJENI PADA PEMBELAJARAN IPS
KELAS V DI SD NEGERI MARGOYASAN},
            year = {2024},
          author = {Arinta Dwi Iswaningtias},
           month = {June},
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
        abstract = {ksanaan, kendala, serta solusi dalam budaya NGAJENI pada pembelajaran IPS
kelas V di SD Negeri Margoyasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Margoyasan. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas V, 3 peserta didik, dan 3 orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian
keabsahan data dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan implementasi budaya NGAJENI pada pembelajaran IPS, diterapkan dengan ?strategi integrasi ? intrakurikuler?. Pendidikan Khas kejogjaan ? NGAJENI diintegrasikan dalam pembelajaran IPS di kelas V, sehingga wujud dan unsur-unsur budaya lokal yang akan dikembangkan dalam pembelajaran dicantumkan pada perangkat pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis budaya di kelas V diterapkan dengan cara ?belajar dengan budaya? dan ?belajar berbudaya?, melalui pembudayaan perilaku, memanfaatkan budaya lokal sebagai sumber dan media pembelajaran. (3) Kendalanya yaitu perlunya peningkatan kerjasama dari berbagai pihak untuk berkomitmen mendukung pembudayaan perilaku nilai-nilai budaya NGAJENI secara ajeg. (4) Solusinya adalah penyebarluasan pemahaman terkait
pentingnya implementasi Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) ? budaya NGAJENI
melalui workshop intern di sekolah.
Kata Kunci: Budaya NGAJENI, IPS, Pembelajaran Berbasis Budaya},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/82339/}
}