%D 2024 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T PENGARUH POLA ASUH AUTHORITATIVE DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV SE-GUGUS 3 KAPANEWON MLATI %L UNY82335 %A Aurelya Andini Putri %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pola asuh authoritative terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar seGugus 3 Kapanewon Mlati, (2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar se-Gugus 3 Kapanewon Mlati, (3) pengaruh pola asuh authoritative dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar se-Gugus 3 Kapanewon Mlati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV gugus 3 Kapanewon Mlati yang berjumlah 128 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik proporsional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pola asuh authoritative, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar. Teknik analisisis data menggunakan teknik analisisis data secara statistik yaitu pengujian hipotestis dengan analisisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara pola asuh authoritative terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar seGugus 3 Kapanewon Mlati, berdasarkan uji t dengan thitung = 3,003 > ttabel = 1,984 serta diperoleh α = 0,003 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar se-Gugus 3 Kapanewon Mlati, berdasarkan uji t dengan thitung = 3,841 > ttabel = 1,984 serta diperoleh α = 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh antara pola asuh authoritative dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar se-Gugus 3 Kapanewon Mlati, berdasarkan uji f dengan fhitung = 40,725 > ftabel = 3,09 serta diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,456 atahu 45,6%. Kata kunci: pola asuh authoritative, lingkungan sekolah, motivasi belajar