<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II\r\nSD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika\r\nterhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II di SD Negeri Gedongkiwo\r\nYogyakarta.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dalam\r\nbentuk two group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian\r\nini terdiri dari 14 peserta didik kelas II B sebagai kelas eksperimen dan 18 peserta\r\ndidik kelas II A SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Kelas eksperimen diberikan\r\nperlakuan berupa penggunaan metode jarimatika, sedangkan kelas kontrol\r\nmenggunakan metode penjumlahan berulang. Teknik pengumpulan data pada\r\npenelitian ini yakni dengan tes uji kemampuan berhitung perkalian. Instrumen\r\npenelitian telah dilakukan pengujian baik validitas maupun reliabilitasnya. Uji\r\nvaliditas yang diperoleh berada diatas 0,412 yang dikatakan rhitung ≥ rtabel dan untuk\r\nuji reliabilitas pada soal pilihan ganda diperoleh sebesar 0,829 dan soal isian sebesar\r\n0,864 yang memiliki nilai Cronbach’s Alpha lebih besar dari 0,8 yang bermakna\r\nbahwa berdasarkan kriteria tersebut dalam uji reliabilitas yang menunjukkan tingkat\r\nreliabilitas yang baik sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel layak dan\r\nreliabel untuk digunakan dalam pengujian tahap selanjutnya. Data yang diperoleh\r\ndalam penelitian ini disajikan dengan menggunakan bantuan teknik analisis statistik\r\ndeskriptif yakni menggunakan teknik analisis uji-t (t-test). Dilakukan pula uji\r\nprasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat sebelum\r\ndilakukan penelitian.\r\nHasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa rata-rata nilai posttest kelas\r\neksperimen yakni sebesar 86,21 yang dikatakan termasuk pada kategori sangat baik\r\njika dibandingkan dengan hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol yakni sebesar\r\n71,50 yang termasuk pada kategori baik. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai\r\nthitung sebesar 3,361 jika dibandingkan dengan ttabel yakni 2,042 yang termasuk lebih\r\nbesar (3,361 > 2,402) dan nilai signifikansinya sebesar 0,002 lebih kecil\r\ndibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 (0,002 < 0,05). Berdasarkan uji-t yang\r\ntelah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara\r\nmetode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II di SD\r\nNegeri Gedongkiwo Yogyakarta.\r\nKata kunci: metode jarimatika, kemampuan berhitung, perkalian"^^ . "2024-06-10" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Erliana Dewi"^^ . "Saputri"^^ . "Erliana Dewi Saputri"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II\r\nSD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II\r\nSD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II\r\nSD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II\r\nSD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II\r\nSD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II\r\nSD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #82323 \n\nPENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN \nBERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II \nSD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .