%0 Thesis %9 S1 %A Saputri, Erliana Dewi %B PGSD %D 2024 %F UNY:82323 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/82323/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II di SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dalam bentuk two group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 14 peserta didik kelas II B sebagai kelas eksperimen dan 18 peserta didik kelas II A SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan metode jarimatika, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode penjumlahan berulang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan tes uji kemampuan berhitung perkalian. Instrumen penelitian telah dilakukan pengujian baik validitas maupun reliabilitasnya. Uji validitas yang diperoleh berada diatas 0,412 yang dikatakan rhitung ≥ rtabel dan untuk uji reliabilitas pada soal pilihan ganda diperoleh sebesar 0,829 dan soal isian sebesar 0,864 yang memiliki nilai Cronbach’s Alpha lebih besar dari 0,8 yang bermakna bahwa berdasarkan kriteria tersebut dalam uji reliabilitas yang menunjukkan tingkat reliabilitas yang baik sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel layak dan reliabel untuk digunakan dalam pengujian tahap selanjutnya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan dengan menggunakan bantuan teknik analisis statistik deskriptif yakni menggunakan teknik analisis uji-t (t-test). Dilakukan pula uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat sebelum dilakukan penelitian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yakni sebesar 86,21 yang dikatakan termasuk pada kategori sangat baik jika dibandingkan dengan hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol yakni sebesar 71,50 yang termasuk pada kategori baik. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 3,361 jika dibandingkan dengan ttabel yakni 2,042 yang termasuk lebih besar (3,361 > 2,402) dan nilai signifikansinya sebesar 0,002 lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05 (0,002 < 0,05). Berdasarkan uji-t yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II di SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Kata kunci: metode jarimatika, kemampuan berhitung, perkalian