%T PENGARUH METODE PERCOBAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA SD %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %D 2024 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Percobaan terhadap kemampua bernalar kritis siswa kelas V di SDN Grogol IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Karangmojo dengan jumlah 85 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A (kelas eksperimen) yang berjumlah 17 siswa dan kelas V B (kelas kontrol) yang berjumlah 17 siswa di SDN Grogol IV. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas dan Uji Wilxocon. Hasil tersebut dapat ditunjukan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,043 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Selain itu, juga dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test yaitu dengan penggunaan metode percobaan sebesar 81,76 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 45, sedangkan dengan penggunaan metode konvensional sebesar 46,65 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode percobaan berpengaruh positif kemampuan bernalar kritis siswa kelas V SDN Grogol IV. Kata kunci: Kemampuan Bernalar Kritis, Metode Percobaan %A Farika Ayu Fitri Anjani %L UNY82319