<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK\r\nBERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT\r\nPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA\r\nKELAS IV SD"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk : Menghasilkan media pembelajaran scrapbook\r\nberorientasi Education for Sustainable Development yang layak dan praktis\r\ndigunakan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Turi 3.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE\r\nyang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Terdiri dari lima tahapan ya: (1)\r\nanalyze: (2) design: (3) develop; (4) implement; (5) evaluate. Produk yang dihasilkan\r\nadalah scrapbook materi hak dan kewajiban berorientasi Education for Sustainable\r\nDevelopment (ESD). Tempat penelitian adalah SD Negeri Turi 3. Subjek penelitian\r\nberjumlah 18 siswa kelas IV SD Negeri Turi 3. Uji coba dilaksanakan pada one-toone dan small group trial. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara,\r\nobservasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif\r\nkuantitatif.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media scrapbook berorientasi ESD\r\ndikembangkan dengan menggunakan model ADDIE; (2) media scrapbook\r\nberorientasi ESD layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran\r\npendidikan Pancasila pada kelas IV SD Negeri Turi 3. Kelayakan dapat dilihat dari\r\nhasil validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,93 dengan persentase skor\r\n98,6% (sangat layak), hasil validasi ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,9\r\ndengan persentase skor 98% (sangat layak). Kepraktisan dapat dilihat dari hasil uji\r\ncoba pada guru mendapatkan total skor 4,7 dengan persentase 94% (sangat praktis),\r\nsedangkan hasil uji coba one-to-one (3 siswa) mendapatkan total skor 42 dengan\r\npersentase 93,3% (sangat praktis), dan uji coba small group trial mendapat total skor\r\n209 dengan persentase 92,8% (sangat praktis). Selain itu hasil pre test dan post test\r\npada uji coba siswa kelas IV berjumlah 18 siswa mengalami peningkatan dengan\r\nperhitungan nilai N-Gain sebesar 0,63 (efektif).\r\nKata Kunci : ESD, Hak dan Kewajiban, Pendidikan Pancasila, Scrapbook"^^ . "2024-06-10" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Rifka"^^ . "Wulandari"^^ . "Rifka Wulandari"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK\r\nBERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT\r\nPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA\r\nKELAS IV SD (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK\r\nBERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT\r\nPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK\r\nBERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT\r\nPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK\r\nBERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT\r\nPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK\r\nBERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT\r\nPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK\r\nBERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT\r\nPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA\r\nKELAS IV SD (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #82314 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK \nBERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT \nPADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA \nKELAS IV SD\n\n" . "text/html" . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan IPS" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . . . "Kewarganegaraan dan Hukum" . .