eprintid: 82224 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/22/24 datestamp: 2024-06-05 07:46:01 lastmod: 2024-06-05 07:46:01 status_changed: 2024-06-05 07:46:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mirza, Attar Nazaruddin title: UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SRANDAKAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ispublished: pub subjects: F4 subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kreativitas siswa pada Pembelajaran Tematik Subtema Wujud Benda melalui model pembelajaran berbasis proyek di kelas III SD Negeri 2 Srandakan, dan 2) mengetahui hasil peningkatan peningkatan kreativitas siswa pada Pembelajaran Tematik Subtema Wujud Benda melalui model pembelajaran berbasis proyek di kelas III SD Negeri 2 Srandakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemiis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Srandakan yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan skala. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran sudah menggunakan langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek pada siklus I siswa mampu menyampaikan gagasan dan karya yang orisinal serta menunjukkan keluwesan berpikir dalam membuat karya dan lebih baik lagi pada siklus II. 2) Peningkatan persentase kreativitas siswa pada pra-tindakan yaitu 54,97% meningkat pada siklus I menjadi 62,66% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 74,68%. Setiap aspek kreativitas siswa yaitu Gagasan Orisinal, Karya Orisinal, dan Keluwesan berpikir berkategori BAIK dan ≥ 70% pada siklus II berturut-turut yaitu 73,08%, 73,32%, dan 78,53%. Hasil penelitian juga menunjukkan 12 dari 13 (92%) siswa memiliki kreativitas dengan kategori BAIK dan SANGAT BAIK pada siklus II. Kata kunci: Kreativitas Siswa, Model Pembelajaran Berbasis Proyek date: 2024-06-05 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Mirza, Attar Nazaruddin (2024) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SRANDAKAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82224/1/Skripsi%20Attar%20Nazaruddin%20Mirza_fulltext.pdf