eprintid: 82214 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/22/14 datestamp: 2024-06-05 02:20:38 lastmod: 2024-06-05 02:20:38 status_changed: 2024-06-05 02:20:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kusumawati, Nur title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS IV SD NEGERI PERCOBAAN 2 ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd subjects: sos_kewarganegaraan divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian dilakukan berdasarkan kebutuhan terhadap media pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan multimedia interaktif pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban kelas IV SD Negeri Percobaan 2; (2) Menghasilkan multimedia interaktif yang praktis digunakan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban kelas IV SD Negeri Percobaan 2. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model penelitian ADDIE, yaitu analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan subjek pada uji coba lapangan awal sebanyak 3 siswa dan subjek pada uji coba lapangan utama sebanyak 18 siswa kelas IV SD Negeri Percobaan 2. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban layak dan praktis untuk digunakan siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan pada hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,13 (sangat layak). Hasil validasi ahli media memperoleh skor 4,8 (sangat layak). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh persentase 96,66% (sangat praktis). Hasil respon guru pada uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan utama memperoleh skor 97,77% (sangat praktis). Hasil respon guru pada uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat praktis”. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Hak dan Kewajiban date: 2024-06-05 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Kusumawati, Nur (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS IV SD NEGERI PERCOBAAN 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82214/1/SKRIPSI_NUR%20KUSUMAWATI_NIM%2020108241108%20%281%29.pdf