eprintid: 82186 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/21/86 datestamp: 2024-06-04 04:18:48 lastmod: 2024-06-04 04:18:48 status_changed: 2024-06-04 04:18:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Raharjo, Kalis Rahmawati title: IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI DUWET KAPANEWON WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2023/2024IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI DUWET KAPANEWON WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam proses pembelajaran di SDN Duwet. Program Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam proses pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih positif, interaktif, dan menarik bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan berupa merencanakan sarana dan prasarana, mengatur anggaran dan merencanakan alokasi dana, menyusun jadwal kegiatan secara teratur, menyusun berbagai perangkat pembelajaran dan menyusun rencana kegiatan belajar yang menyenangkan. Pelaksanaan diwujudkan dengan interaksi ramah dan bersemangat dengan peserta didik, mendorong motivasi peserta didik, penggunaan metode, media, dan sumber belajar yang tepat, peserta didik berani mengambil langkah, bertanya tanpa rasa takut, mencoba hal baru, bebas dalam mencari tahu sesuatu, menggunakan ice breaking pada saat proses pembelajaran, lingkungan kelas yang menarik dan nyaman serta adanya dukungan dari orang tua. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan memperhatikan perkembangan anak dan penilaian hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Gerakan Sekolah Menyenangkan, Implementasi, Pembelajaran date: 2024-06-04 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Raharjo, Kalis Rahmawati (2024) IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI DUWET KAPANEWON WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2023/2024IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI DUWET KAPANEWON WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/82186/1/NASKAH%20FULLTEXT_KALIS%20RAHMAWATI%20RAHARJO_20108241064.pdf