TY - THES AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/82184/ M1 - skripsi TI - HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SD NEGERI SEKECAMATAN MAGELANG UTARA Y1 - 2024/06/04/ A1 - Afifah, Hasna PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi N2 - Abad ke-21 yang penuh dengan tantangan perkembangan iptek dan globalisasi menuntut setiap individu memiliki keterampilan yang sesuai untuk bertahan hidup. Literasi sains dan berpikir kritis merupakan dua keterampilan yang penting. Akan tetapi, berdasarkan survei yang dilakukan PISA dan TIMSS, ditemukan bahwa siswa Indonesia memiliki skor dan peringkat yang rendah pada kedua keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD negeri se-Kecamatan Magelang Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi bivariat untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD negeri se-Kecamatan Magelang Utara. Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Ukuran sampel dihitung menggunakan rumus Isaac dan Michael (Sugiyono, 2018) yang menghasilkan ukuran sampel sebanyak 191 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis yang berupa soal uraian dengan materi IPA kelas V SD. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat statistik, dan uji hipotesis dengan menghitung koefisien korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan yang positif antara kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis. Perolehan uji korelasi mendapatkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 dan koefisien korelasi Pearson yang bernilai positif yaitu sebesar 0,568. Koefisien korelasi Pearson yang didapat juga menunjukkan hubungan kedua variabel masuk pada kategori cukup kuat. Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Kemampuan Literasi Sains, Keterampilan Berpikir Kritis ID - UNY82184 ER -