relation: http://eprints.uny.ac.id/82100/ title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI VIDYA QASANA creator: Rahayu, Erni subject: Etika subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Vidya Qasana. Selain itu, mengungkapkan keunikan yang ada di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas II, III, IV, dan V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, & Saldana (2014) yakni pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dilaksanakan melalui: (1) Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, RKAS, keteladanan, tindakan spontan, kebiasaan rutin, dan pengkondisian. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan melalui perencanaan dan pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup. (3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dengan pemeliharaan gedung dan lingkungan, kegiatan ekstrakurikuler, kreativitas dan inovasi dari bahan bekas, serta kerjasama dengan berbagai pihak. (4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan melalui kelengkapan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana, pemanfaatan listrik, air, dan ATK, serta pelayanan kantin sehat. Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, peduli lingkungan. date: 2024-05-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/82100/1/SKRIPSI%20ERNI%20RAHAYU%20FIX.pdf identifier: Rahayu, Erni (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI VIDYA QASANA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.